Lihat ke Halaman Asli

Tresna Rahayu

Mahasiswi Pendidikan Sosiologi

Ngaber (Ngabuburit Berfaedah): Penyadaran Pendidikan di Desa Ciwaruga oleh PPG Prajabatan Sosiologi

Diperbarui: 25 Juni 2023   21:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

KAB.BANDUNG BARAT  Dalam rangka pelaksanaan projek kepemimpinan, mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Prajabatan Sosiologi Universitas Pendidikan Indonesia melaksanakan kegiatan dalam rangka upaya meningkatkan kesadaran pendidikan di Desa Ciwaruga, Kec. Parompong, Kab. Bandung Barat.

Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang wajib dilakukan oleh mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Prajabatan melalui Mata Kuliah Projek Kepemimpinan. Para mahasiswa berinisiatif untuk melaksanakan kegiatan Ngabuburit Berfaedah yang disingkat menjadi "Ngaber" dimana kegiatan ini dilakukan pada tanggal 9 April 2023 yang bertepatan dengan bulan suci Ramadhan.

Kagitan "Ngaber" ini dibagi menjadi dua sesi kegiatan yakni kegiatan pertama socioprenership dengan sasaran anak usia dini hingga pendidikan dasar, lalu yang kedua melaksanakan seminar dengan sasaran remaja dan orang dewasa yang punya keinginan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi.

Kegiatan diawali dengan pembukaan yang dilakukan oleh Ketua Karang Taruna Desa Ciwaruga, Chandra, A.Md.

"Harapannya kegiatan ngaber ini benar-benar berdampak pada kesadaran pendidikan di lingkungan kami" Ungkap Ketua Karang Taruna saat acara pembukaan. Kegiatan "Ngaber" ini dihadiri oleh beberapa tokoh masyarakat, karang taruna, peserta didik hingga beberapa orang tua dengan jumlah 65 orang.

Kegiatan pertama yakni socioprenership dimana sasarannya adalah anak-anak usia dini hingga pendidikan dasar. Kegiatan ini dilakukan dengan cara berkelompok dan didalamnya terdapat beberapa konten yang memuat cara anak untuk mengenal dirinya, potensi yang ada dalam diri mereka hingga cita-cita yang mereka harapkan.

"Kesannya sangat seru, aku bisa bermain sambil belajar bareng temen yang lain". Ujar Salah satu anak

Selanjutnya pada kegiatan kedua adalah seminar mengenai beasiswa perguruan tinggi khususnya pada jenjang S1. Pada kegiatan ini dilakukan dengan cara talkshow dengan narasumber salah satu Dosen Universitas Pendidikan Indonesia dan dua orang alumni penerima beasiswa Karya Salemba Empat. Dalam kegiatannya dilakukan sesi diskusi dan tanya jawab antar narasumber dengan peserta.
Dalam kegiatan "Ngaber" ini seluruh peserta terlihat snagat antusias dalam mengikuti kegiatan.

Kagiatan ini diakhiri dengan melaksanakan buka bersama dengan peserta kegiatan dan para panitia serta diakhiri dengan melaksanakan kegiatan shalat magrib berjamaah.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline