Lihat ke Halaman Asli

Jurnal Dwi Mingguan 1.3 Visi Guru Penggerak

Diperbarui: 30 Desember 2022   14:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Assalamualikum wr.. wb..

Salam sejah tera untuk kita semua pencinta keilmuan dan penggerak pemberharu dunia pendidikan. Saya Tresna Munita, S.Pd Calon Guru Penggerak Angkatan 7 dari TK Al- Hikmah Kec. Cibatu Kab. Garut. Pada kesempatan ini saya akan menulis jurnal refleksi dwimingguan tentang apa yang sudah saya lakukan pada pendidikan Guru penggerak di materi Modul 1.3 Visi Guru Penggerak.

Secara umum Jurnal merupakan sebuah tulisan yang dibuat oleh orang-orang yang ahli dalam suatu bidang. Sementara itu refleksi adalah istilah yang dikenal juga sebagai cerminan atau gambaran. Jurnal Refleksi dwimingguan  merupakan sebuah tulisan tangan yang dibuat oleh peserta guru penggerak untuk memenuhi tugas merefleksikan diri setelah mengikuti kegiatan pelatihan.  Sebagai calon guru penggerak disini saya akan merefleksi secara bermakna berkenaan rangkaian kegiatan guru penggerak, khususnya selama mempelajari modul 1.3 materi Visi Guru Penggerak.

Pengerjaan jurnal refleksi dwimingguan ini saya menggunakan model refleksi yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway, melalui pertanyaan sebagai berikut :

Model 1: 4F (Facts, Feelings, Findings, Future)

4F merupakan model refleksi yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway. 4F dapat diterjemahkan menjadi 4P, dengan pertanyaan sebagai berikut (disesuaikan dengan yang sedang terjadi pada saat penulisan jurnal):

Facts (Peristiwa): Ceritakan pengalaman Anda mengikuti pembelajaran pada minggu ini atau pada saat menerapkan aksi nyata ke dalam kelas? Apa hal baik yang saya alami dalam proses tersebut? Ceritakan juga hambatan atau kesulitan Anda selama proses pembelajaran pada minggu ini? Apa yang saya lakukan dalam mengatasi kendala tersebut?

Feelings (Perasaan): Bagaimana perasaan Anda selama pembelajaran berlangsung? Apa yang saya rasakan ketika menerapkan aksi nyata ke dalam kelas? Ceritakan hal yang membuat Anda memiliki perasaan tersebut.

Findings (Pembelajaran): Pelajaran apa yang saya dapatkan dari proses ini? Apa hal baru yang saya ketahui mengenai diri saya setelah proses ini?

Future (Penerapan): Apa yang bisa saya lakukan dengan lebih baik jika saya melakukan hal serupa di masa depan? Apa aksi/tindakan yang akan saya lakukan setelah belajar dari peristiwa ini?

 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline