Lihat ke Halaman Asli

Jurnal Dwi Mingguan 1.2 Nilai dan Peran Guru Penggerak

Diperbarui: 30 Desember 2022   13:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

CGP Angkatan 7 Kab. Garut

Assalamualikum wr.. wb..

Salam sejah tera untuk kita semua pencinta keilmuan dan penggerak pemberharu dunia pendidikan. Saya Tresna Munita, S.Pd Calon Guru Penggerak Angkatan 7 dari TK Al- Hikmah Kec. Cibatu Kab. Garut. Pada kesempatan ini saya akan menulis jurnal refleksi dwimingguan tentang apa yang sudah saya lakukan pada pendidikan Guru penggerak di materi Modul 1.2 Nilai dan Peran Guru Penggerak.

Description/ Deskripsi

Setelah saya mempelajari modul 1.1 tentang  filosofi pendidikan menurut Ki Hajar dewantara, kemudian melanjutkan mempelajari modul 1.2 tentang nilai-nilai dan peran guru penggerak. Pada modul 1.2  kegiatan saya dimulai dengan tugas  membuat gambaran usia berbentuk trapesium usia. Trapesium usia yang saya buat secara tidak langsung memberikan pembelajaran baru, yaitu bahwa kejadian negative atau positif yang saya alami meskipun sudah lama berlalu namun kejadian tersebut masih bisa saya ingat dengan baik. 

Dari momen negative dan postif itu saya sebagai guru termotivasi untuk  menjadi bagian dari i momen positif yang diingat baik oleh anak-anak didik saya dan berusaha agar tidak memberikan momen atau kejadian negative bahkan berdampak trauma yang terekam dan selalu teringat. Selanjutnya pada modul 1.2 sayapun mengidentifikasi nila-nilai guru penggerak dan peran guru penggerak yang sudah ada pada diri saya. 

Kemudian lebih termotivasi untuk dapat mengoptimalkan  nilai-nilai dan peran  guru penggerak khususnya dalam pembelajaran maupun dalam kepemimpinan di  lembaga sekolah tempat saya mengajar. CGP belajar mandiri untuk memahami konsep materi. Materi yang harus dipahami, yaitu bagaimana manusia tergerak, bagaimana manusia bergerak, tahap ini dan bagaimana menggerakkan manusia. Dalam mempelajari konsep materi tersebut saya juga menjawab pertanyaan yang ada di modul untuk merefleksi dari belajar mandiri tersebut

Selanjutnya, kegiatan diskusi kelompok secara virtual pada hari Jum'at Tanggal 11 November untuk membuat karya tentang rancangan satu kegiatan sebagai upaya mengkolaborasikan kekuatan nilai yang dimiliki setiap anggota kelompok. Hasil diskusi dari kelompok saya memilih nilai Inovatif, kenapa ? karena saya senang membuat kegiatan pembelajaran yang aktif, dan menyenangkan dan membuat media-media pembelajaran (APE) untuk anak sesuai aspek pekembangan anak, hal ini sesuai dengan kriteria inovatif yakni memunculkan gagasan segar dan tepat guna dlam aktivitas kegiatan pembelajarab untuk terwujudnya visi sekolah. Untuk peran yang dipilih kami menyepakati peran menggerakan komunitas praktisi dan kami berdiskusi untuk membuuat rancangan kegiatan menggerakan komunitas praktisi. Kegiatan tersebut adalah berupa workshop membuat bahan ajar dengan aplikasi  Kine Master. 

Kegiatan tersebut mengkolaborasikan guru dengan guru, guru dengan siswa, kami sekelompok juga berkolaborasi dalam menyusun rancangan kegiatan. Hasil kolaborasi kelompok kami dibuat dalam bentuk PPT dan dipresentasikan pada pertemuan berikutnya secara virtual yaitu hari senin Tanggal 14 November. Saya bertugas sebagai pemapar materi bersama ibu Siti Ahadiah, dan ibu Nenden Jubaedah, sedangkan pak idris berperan sebagai moderator dan notula. Setelah presentasi, kami diminta untuk membuat refleksi mengapresiasi peran satu rekan dalam kelompok. 

Saya membuat refleksi untuk rekan saya yaitu ibu Siti Nenden Jubaedah. Hasil dari pemaparan materi kelompok kami banyak memperoleh masukan dari rekan dan dari fasilitator, namun Allhmdulillah kami mendisuksikannya di grup WA dan via telepon grup sehingga kami sepakat untuk merefisi bersama. Allhmdulillah setelah selesai merevisi saya dan rekan saya satu kelompok bergegas untuk segera mengupload tugas kelompok pada tanggal 14 November. Kemudian melanjutkan kegiatan dialog virtual dengan instruktur pada hari kamis Tanggal 18 November pukul 13.00 -- 14.30 WIB tentang nilai dan peran guru penggerak. Setelah dialog virtual saya membuat tulisan narasi kaitan antara materi pada hari jumat Tanggal 18 November yang ada pada modul 1.1 filosofi Pendidikan KHD dan modul 1.2 nilai dan peran guru penggerak. Semua kegiatan sudah terselesaikan, akhirnya saya melanjutkan untuk menyusun aksi nyata. Kegiatan apa yang saya lakukan untuk implementasi dari hasil belajar modul 1.2 ini.

Examination/ Analisis Pengalaman

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline