Lihat ke Halaman Asli

Cara Membuat Slide Presentasi yang Menarik

Diperbarui: 24 Juni 2015   12:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Nature. Sumber ilustrasi: Unsplash

Membuat slide yang menarik tentu sangatlah berpengaruh terhadap pembaca, karena dengan slide yang menarik tersebut membuat pembaca akan menjadi mudah dan cepat dalam memahami apa yang disampaikan.

Dan tentu saja jika siswa disuruh untuk presentasi di depan kelas, dengan slide presentasi yang menarik akan membuat teman-teman merasa kagum dan ingin meniru untuk menjadi lebih baik lagi, serta tidak menutup kemungkinan guru akan member nilai positif terhadap kita sebagai siswa.

Bagaimana sih membuat slide yang menarik? Kita simak penjelasan berikut :

1.Usahakan background dari slide kita sesuai dengan tema yang akan disampaikan. Misalnya, jika ingin menyampaikan budaya maka ambil background tentang kesenian.

2.Berikan beberapa gambar clip art atau buat sendiri yang mendukung dari tema .

3.Berikan tulisan atau jenis font yang bias dan layak dilihat serta mudah dibaca.

Langkah untuk membuat dari contoh di atas adalah sebagai berikut :

1.Mengganti background

Klik kanan pada lembar kerja/ slide kemudian pilih Format Background

Setelah klik Format Background akan muncul jendela/form baru seperti yang terlihat di sebelah kanan. Pilih Picture or texture fill, kemudian di bawahnya klik file dan cari gambar yang diinginkan dan OK.

2.Menambahkan gambar pendukung dengan Shapes

Klik Insert pada tab Ribbon, kemudian klik Shapes dan pilih Rectangle. Tambahkan juga shapes Cloud di bawah dari shapes Rectangle tersebut.

Supaya kelihatan cocok, shapes tersebut bias diatur warna maupun bentuknya, dengan cara klik pada shapes/ bentuk objeknya lalu klik Format pada tab Ribbon, di bagian Shape Style bias pilih yang sesuai.

Memberi tulisan didalam shape bisa dengan klik kanan – Edit Text atau bias dari Insert – Word Art.

3.Menambahkan gambar pendukung dengan Clip Art

Setelah dirasa cukup untuk penambahan Shapes, langkah selanjutnya adalah memberikan gambar yang mendukung. Gambar disini bisa dari Insert Clip Art ataupun Picture, sedangkan untuk contoh berikut menggunakan Clip Art.

Langkahnya dari tab Ribbon pilih/ klik Insert kemudian klik Clip Art, setelah itu akan muncul jendela/ form di sebelah kanan bisa diketikkan kata yang ingin dicari, misal art.

Setelah diketikkan kata yang diinginkan kemudian Enter atau klik Go, akan muncul hasil yang ada di bawah pada kotak yang tersedia, untuk memasukkan gambar yang diinginkan double klik pada gambar yang diinginkan maka gambar akan ada di slide.

Contoh dari hasil langkah-langkah diatas, tunggu kelanjutannya untuk tips selanjutnya agar lebih menarik :)

Semoga para guru lebih kreatif dalam menggunakan komputer sebagai media pembelajaran yang menyenangkan dan efisien tentunya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline