Lihat ke Halaman Asli

Oppie Fazila

Mahasiswa

Kkn UMD 2022: Peningkatan Kesadaran Dini Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut, KKN 326 Adakan Penyuluhan di SDN Trebungan

Diperbarui: 15 Agustus 2022   23:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Berdasarkan The Global Burden of Disease Study 2016 masalah kesehatan gigi dan mulut khususnya karies gigi merupakan penyakit yang dialami hampir dari setengah populasi penduduk dunia (3,58 miliar jiwa). Karies merupakan penyakit rongga mulut yang masih menjadi masalah utama di negara miskin atau berkembang, termasuk Indonesia. Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018 juga menyatakan bahwa proporsi terbesar masalah gigi di Indonesia adalah gigi rusak/berlubang/sakit (45,3%). Sedangkan masalah kesehatan mulut yang mayoritas dialami penduduk Indonesia adalah gusi bengkak dan/atau keluar bisul (abses) sebesar 14%. Beberapa penelitian menunjukkan secara nyata hubungan antara penyakit gigi dengan ketidakmampuan anak sekolah untuk belajar, mengerjakan tugas di rumah, dan berkurangnya konsentrasi belajar yang berakibat pada kegagalan dalam prestasi belajar dan juga berdampak negatif terhadap kepercayaan diri. 

Oleh karena itu, kelompok KKN 326 berinisiatif untuk mengadakan penyuluhan kesehatan gigi dan mulut kepada siswa siswi SDN Trebungan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dini untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Kamis [11/8], KKN 326 adakan penyuluhan gigi dan mulut di SDN Trebungan. Sebanyak 96 siswa SDN Trebungan berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan tersebut. KKN 326 menyiapkan beberapa media yang menarik bagi siswa/i SDN Trebungan guna menunjang proses penyuluhan. Sasaran penyuluhan kali ini adalah siswa/i kelas 1-6 di SDN Trebungan yang dibagi menjadi 2 sesi yakni sesi pagi untuk kelas 1-3 dan sesi siang untuk kelas 4-6. 

Kegiatan penyuluhan dimulai dengan senam gigi bersama dan dilanjutkan dengan penyampaian materi di masing masing kelas oleh kelompok KKN 326. Penyampaian materi dilakukan dengan penyajian video edukasi dan ppt bergambar serta diselingi kuis berhadiah.  Selanjutnya, KKN 326 mengajak seluruh adik-adik gosok gigi bersama di depan kelas. Semangat siswa/i SDN Trebungan dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut begitu terasa karena mereka sangat  antusias dan aktif dalam mengikuti serangkaian acara penyuluhan.

dokpri

Kegiatan penyuluhan ini berjalan dengan lancar, pasalnya mulai dari perizinan hingga pelaksanaan penyuluhan tidak ada kendala yang berarti. Pihak sekolah sangat mendukung kegiatan penyuluhan gigi dan mulut yang diadakan oleh KKN 326 di SDN Trebungan. Dengan adanya penyuluhan ini, kami berharap adanya peningkatan wawasan dan pengetahuan siswa/i SDN Trebungan khususnya tentang kesehatan gigi dan mulut.

dokpri

(Inggrid Monica Dionputri/Tiara Almas Ghasani/Oppie Fazila/Dinda Anggun Lestari/Rizki Aryaputra Nugraha/Rafiqi Dzil Fakari/Hilman Firdausa Isniawan/Mellania Hanim Wahyu Fitrianingrum/Satriya Dwi Soekarno/Afandy Maulana Pangestu/KKN 326/ Desa Trebungan/Kec. Taman Krocok/Ir. Setiyono, M.P)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline