Lihat ke Halaman Asli

dabPigol

Nama Panggilan

Asian Para Games 2018, Inspirasi Semangat dan Energi Asia

Diperbarui: 4 Oktober 2018   14:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto cropping @liputan6.com

Asian Paragames 2018 sebentar hari akan diselenggarakan. Pesta olahraga para penyandang disabilitas ini masih sepi publikasi. Tidak segempita Asian Games yang penuh cahaya beraneka. 

Menurut Ketua Panpel, Raja Sapta Oktohari, tema Asian Para Games 2018 menyesuaikan dengan situasi tuan rumah Indonesia yang tengah dilanda banyak bencana. Sehingga kegiatannya diharapkan dapat menghibur korban.  

Dari 18 cabang olahraga yang dilombakan dan dipertandingkan di ajang  Asian Para Games 2018, setidaknya ada tiga cabang olahraga yang nampaknya asing yaitu:

  1. Boccia  baru dikenalkan di Indonesia tahun 2016. Boccia merupakan permainan yang membutuhkan strategi dan akurasi. Olahraga ini diperuntukkan khusus untuk para atlet penyandang cerebral pasly (kelumpuhan otak besar). Olahraga ini mengandalkan ketangkasan dalam melemparkan bola dengan posisi duduk di kursi roda.
  2. Goalball  dimainkan khusus oleh atlet dengan daya penglihatan buruk atau tunanetra. Olahraga ini ditemukan pada tahun 1946 untuk membantu merehabilitasi para veteran yang kehilangan penglihatan mereka saat Perang Dunia II. Pada ajang Asian Para Games 2018, goalball menjadi cabang olahraga baru bagi Indonesia.
  3.  Lawnball dilombakan untuk atlet dengan cerebral palsy dan daya penglihatan buruk diperkenalkan pertama kali pada Paralimpiade 1984. Ada delapan nomor dengan tiga kategori (tunggal putra, putri dan ganda campuran).

Pesta olahraga difabel terbesar di Asia itu akan memperebutkan 568 medali emas. Sebanyak 2.888 atlet dari 41 negara siap bertarung di ajang tersebut. Jumlah itu masih bisa bertambah karena panitia masih menunggu keikutsertaan Palestina dan Yaman. Kedua negara itu masih dilanda konflik.

Kontingen Indonesia diharapkan dapat memenuhi target 16 medali emas atau meningkat sebanyak 7 medali emas dari prestasi yang dicapai pada ajang sebelumnya di Incheon, Korea Selatan.

Semoga ajang langka ini bukan sekadar hiburan bagi korban bencana . Tetapi tetap menginspirasi semangat dan energi Asia seperti slogan yang terpampang di halaman depan situs resmi Asian Para Games 2018 ini.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline