Lihat ke Halaman Asli

Totok Siswantara

TERVERIFIKASI

Menulis, memuliakan tanaman dan berbagi kasih dengan hewan. Pernah bekerja di industri penerbangan.

Lowongan Kerja Bodong, Akibat Salah Urus Angkatan Kerja dan Portofolio Kompetensi

Diperbarui: 15 September 2024   13:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Antrean panjang pencari kerja (KOMPAS/PRIYOMBODO)

Penipuan Lowongan Kerja sedang marak. Bermacam kasus ketenagakerjaan yang amat meresahkan generasi Z dan milenial merupakan indikasi gagalnya menjalankan perintah konstitusi, yakni UUD 1945 pasal 27 ayat 2 tentang kewajiban pemerintah untuk menciptakan lapangan kerja bagi seluruh rakyat sesuai dengan golongan dan jenis tenaga kerja. Serta terus meningkatkan kualitas tenaga kerja.

Penipuan lowongan kerja atau lowongan kerja bodong yang sering menjebak dan menyengsarakan pencari kerja sebenarnya tidak akan terjadi jika pemerintah daerah memiliki sistem bursa lapangan kerja yang bagus disertai dengan data pendidikan dan portofolio kompetensi dari segenap warga kota. 

Hingga saat ini sebagian besar pemerintah daerah belum memiliki data yang akurat terkait dengan portofolio kompetensi warganya. 

Dinas ketenagakerjaan hanya mampu membuat kartu kuning yang sudah using untuk Angkatan kerja baru. Kartu kuning yang sangat kuno dan tidak memiliki manfaat yang signifikan bagi pencari kerja.

Pada awal periode kedua pemerintahan Jokowi saya pernah menulis di media massa tentang pentingnya platform digital untuk pencari kerja. Platform tersebut dikelola oleh pemerintah pusat dan daerah.

Platform terdiri dari berbagai aplikasi, mulai dari dari portofolio kompetensi, bursa kerja, hingga format digital untuk membuat lamaran kerja dan CV.

Masih segar dalam ingatan saya pada tahun 2019, dalam pidatonya usai pelantikan, Presiden Jokowi mengemukakan bahwa Indonesia mulai memasuki bonus demografi, di mana penduduk usia produktif jauh lebih tinggi dibandingkan usia tidak produktif.

Jokowi menyatakan bahwa hal itu adalah tantangan besar dan sekaligus juga sebuah kesempatan besar. Menjadi masalah besar jika kita tidak mampu menyediakan kesempatan kerja. Tapi akan menjadi kesempatan besar jika kita mampu membangun SDM yang unggul.

Sebenarnya pernyataan Presiden Jokowi diatas merupakan petunjuk penting bagi Menteri Ketenagakerjaan Kabinet Kerja jilid II dan kementerian lain yang terkait supaya membuat terobosan dan inovasi untuk penciptaan lapangan kerja. 

Sayangnya hal tersebut belum dijalankan dengan baik. Akibatnya kini generasi Z dan Milenial banyak yang stress karena sulitnya mencari lapangan kerja formal yang layak.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline