Lihat ke Halaman Asli

Totok Siswantara

TERVERIFIKASI

Menulis, memuliakan tanaman dan berbagi kasih dengan hewan

Bandung Digital Valley, Ruang Kerja Bersama Suburkan Talenta Anak Bangsa

Diperbarui: 25 Juni 2024   00:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi co-working space. (Sumber: SHUTTERSTOCK via kompas.com)

Pada tahun 2012, saat itu eranya teknologi 2.0 saya mulai menggunakan ruang kerja bersama yang menurut pendapat saya hingga saat ini belum ada tandingannya. 

Coworking space itu suasananya sangat asyik, inspiratif, udaranya sejuk, pemandangannya indah menawan. Dan gratis lagi. Lebih dari itu kita bisa mendapatkan berbagai fasilitas dan bimbingan dari PT Telkom Indonesia.

Waktu itu saya bergiat di perusahaan rintisan (startup ) yang berkecimpung dalam inovasi teknologi penyiaran dan kebetulan mendapat bantuan dari Program Indigo PT Telkom.

Masih terbayang dari ruang kerja bersama itu kita bisa melihat Kota Bandung dari ketinggian. Terlihat jelas pesawat terbang yang sedang take off atau landing di Bandara Husein Sastranegara. Nama Coworking Space milik Telkom tersebut adalah Bandung Digital Valley (BDV).

BDV adalah gedung yang disediakan oleh PT. Telekomunikasi Indonesia untuk umum khususnya para startup business yang ingin berkarya dalam bidangnya masing-masing. Berbagai fasilitas dapat ditemukan di sini yaitu : Co-working Space, Meeting Room, Gadget Room, dan menyediakan lounge dan caf.

Nah buat anda yang bosan dengan suasana kantor, bisa coba bekerja di sini dan segera daftar jadi anggota. BDV memiliki misi sebagai inkubator startup dan co-working space atau tempat kerja bersama, baik umum maupun perusahaan. 

Setiap tahunnya, ada 2 kali batch inkubasi bisnis dengan total hingga 20 startup/batch. Startup yang terpilih nantinya akan dibimbing oleh coach atau mentor yang sudah sukses dengan bisnis di bidang teknologi.

Ruang kerja bersama di BDV sejak dulu sudah gratis, namun harus mendaftar sebelumnya secara online. BDV terletak di Menara Bandung Digital Valley Lantai 4, di daeraH Gegerkalong Hilir Sukarasa, Sukasari, Kota Bandung. 

Menjadi tempat yang nyaman untuk bekerja khususnya di bidang pengembangan teknologi startup. Apalagi saat ini startup mulai menjadi tren di kalangan penggiat teknologi dan generasi muda. Selain itu, tempat ini juga dapat menjadi tempat favorit mahasiswa untuk berdiskusi dengan berbagai topik.

Eksistensi BDV sejak didirikan memiliki peran strategis untuk menyuburkan berbagai talenta anak bangsa. Tak heran jika tempat ini menjadi magnet bagi mereka yang mulai menggeluti startup dalam bidang apa saja. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline