Lihat ke Halaman Asli

Totok Siswantara

TERVERIFIKASI

Menulis, memuliakan tanaman dan berbagi kasih dengan hewan

Pesona dan Kekuatan Cat Warna Warni Bangunan Publik Meredam Efek El Nino

Diperbarui: 21 September 2023   10:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pengecatan atap rumah di Jagakarsa Jaksel (dok ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA)

Pesona dan Kekuatan Cat Warna Warni Bangunan Publik Meredam Efek El Nino

Temperatur ekstrim dan polusi udara efek El Nino membutuhkan treatmen psikologi publik yang bisa membawa suasana hati masyarakat tidak sumpek dan enak memandang. Saatnya produk cat nasional beraksi untuk  menimbulkan pesona sekaligus melindungi strukur bangunan publik. Keniscayaan, warna-swarni bangunan dengan cat yang ramah lingkungan dan secara teknis bisa menjadi pelindung yang bagus.

Saat ini publik berharap adanya pengecatan ulang terhadap infrastruktur publik yang sudah kusam dan terkesan sangat menyebalkan. Perlu pengecatan terhadap infrastrukur utilitas kota yang sudah nglothok dan berkarat. Produk cat nasional memiliki peran penting untuk menndukung penerapan desain berkelanjutan dalam pembangunan atau renovasi properti residensial, properti komersial, dan fasilitas umum di Indonesia.

Industri cat perlu meningkatkan kesadaran dan mengedukasi para profesional, seperti arsitek dan desainer interior, mengenai pentingnya desain yang berkelanjutan dan menciptakan bangunan yang ramah lingkungan.P ara ahli mengatakan, gedung yang menerapkan desain berkelanjutan dapat menghemat energi 40 % lebih banyak dibandingkan dengan properti tradisional, meningkatkan efisiensi energi dan mengurangi emisi CO2. Selain itu, material rendah karbon pada bangunan ramah lingkungan ini telah terbukti dapat mengurangi emisi bangunan hingga 30 %.

Taman Potre Koneng Kabupaten Sumenep dicat ulang warna-warni, (Dok Humas Kab Sumenep via KOMPAS.com)

Efek El Nino menyebabkan bencana kekeringan yang hebat. Selain itu juga menimbulkan masalah kesehatan yang serius bagi makhluk hidup. Perlu inovasi teknologi untuk mengatasi intensitas pancaran sinar matahari. Antara lain mengenai inovasi produk cat yang bisa meredam intensitas sinar matahari. Dengan membuat produk cat dengan lapisan ganda yang dapat menjaga kesejukan ruangan sembari tetap mempertahankan warnanya sekalipun cuaca ekstrem. Teknik tersebut bisa menghemat energi listrik yang biasa dikonsumsi mesin-mesin penyejuk udara dalam ruangan.

Inovasi double coating dipelopori oleh inovator Columbia University, New York, Amerika Serikat. Dua lapisan itu terdiri dari lapisan atasnya adalah cat komersial yang berperan memberi warna, sedang lapisan dasar terbuat dari polimer mirip Teflon yang akan memantulkan gelombang inframerah. Radiasi sinar matahari memiliki spektrum keduanya, cahaya tampak dan inframerah. Namun inframerah lah yang memiliki energi lebih besar. Ketika sinar matahari mengenai sebuah objek yang dilapisi cat ini, lapisan atasnya akan menyerap panjang gelombang tertentu dari cahaya matahari itu, tergantung warna cat. Sedang lapisan dasarnya memantulkan kembali gelombang inframerah, mencegah obyek itu menjadi panas.

Kurang disadari bahwa perubahan iklim global dan  bencana alam memberi pengaruh yang signifikan terhadap industri cat nasional. Cuaca ekstrim dan musim yang tidak teratur menyebabkan kondisi permukaan fisik bangunan gedung dan berbagai macam infrastruktur mengalami gangguan berat. Kondisi diatas sebaiknya diatasi secara baik oleh kalangan industri cat nasional dengan cara memperbaiki mutu dan inovasi produk yang ramah lingkungan dan lebih berdaya tahan menghadapi gangguan alam.

Tantangan industri cat nasional diatas perlu mendapat jawaban yang jitu mengingat kebutuhan cat untuk berbagai jenis semakin meningkat pesat berbanding lurus dengan pembangunan infrastruktur. Sehingga ketergantungan terhadap cat impor bisa ditekan.

Sudah saatnya industri cat nasional baik yang berskala besar, menengah dan kecil menerapkan kaedah ekoefisiensi. Yakni mewujudkan rasio yang ideal terkait produk yang dihasilkan dengan dampak lingkungan yang diakibatkan adanya produk tersebut. Ekoefisiensi menjamin produksi yang berkelanjutan karena penggunaan sumber daya alam dan pengelolaan limbah dapat dikendalikan. Buah dari ekoefisiensi adalah sosio efisiensi yang bisa menjamin konsumsi yang berkelanjutan karena adanya kepercayaan masyarakat terhadap produk tersebut.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline