Lihat ke Halaman Asli

Sugiyantoro

News - Opini | SHOLATLAH, masuk SURGA nda bisa NYOGOK |

Ber-RT Itu Ibadah

Diperbarui: 6 April 2022   00:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ramadan kumpulan RT tetap berjalan seperti biasa. (Foto/Dokpri).

KESELURUHAN ajaran Islam dan Islam itu sendiri ajaranya tidaklah melangit. Tapi justru Islam adalah agama yang ajaranya sangat membumi, mengakar, manusiawi dari sisi manapun.

Pendek kata Islam adalah agama yang sangat memanusiakan manusia melebihi apapun. Agenda memanusiakan manusia itulah ending Islam.

Kumpulan Rukun Tetangga

Soal ibadah dalam Islam tak melulu soal salat, dzikir, doa dan sebagainya itu. Tipologi ibadahnya ada dua jenis, maghdoh dan ghoiru mahdoh.

Maghdoh samalah artinya ibadah vertikal yang posisinya langsung berhadapan dengan Allah semisal salat, dzikir, tadarus qur'an dan lainya.

Sedangkan ghoiru maghdoh itu horisontal bersifat sosial kemasyarakatan. Maka salehpun ada dua, saleh pribadi dan saleh sosial.

Kesalehan ini idealnya berimbang tidak berat sebelah mengingat manusia adalah mahluk sosial yang nyaris tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Sehebat apapun dia, sepintar apapun dia, sekaya apapun dia, selagi masih manusia maka tetap membutuhkan orang lain. 

Habitat manusia adalah berkumpul, beradaptasi, bersosialisasi bersama sesamanya. Dalam struktur pemerintahan terkecil ada Rukun Tetangga (RT) baik sistem desa maupun kelurahan di wilayah Indonesia.

Organisasi pemerintahan ditingkat terendah ini menunjukan eksistensinya pada bentuk kumpulan, rembug, musyawarah Rukun Tetangga. Biasanya dilaksanakan sebulan sekali. Bingkainya arisan RT. Biasanya juga ada arisan bapak-bapak warga RT dilaksanakan malam hari. Ada juga arisan ibu-ibu RT waktunya sore hari.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline