Lihat ke Halaman Asli

Topik Irawan

TERVERIFIKASI

Full Time Blogger

Mengintip Pebulu Tangkis Indonesia dengan Hadiah Uang Terbanyak 2023

Diperbarui: 28 Juni 2023   12:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gregoria Mariska Tunjung saat menjuarai Spain Master 2023 (sumber gambar: instagram badminton.ina)

Bulu tangkis merupakan salah  olah raga terpopuler di Indonesia, pesona olah raga tepok bulu angsa ini mungkin hanya kalah oleh sepak bola. Berbeda jika menilik prestasi,bulu tangkis paling mengkilap dibanding cabang olah raga lain. Semua event multi cabang dari Sea Games,Asian Games hingga Olimpiade, atlet atlet bulu tangkis menuai banyak prestasi.

Jika orang tua berharap anaknya menjalani profesi sebagai PNS,dokter,insinyur ataupun guru, adalah keinginan yang wajar, mengingat profesi tersebut menjamin masa depan dan kepastian penghasilan hingga usia pensiun. Namun ada juga orang tua mengarahkan anaknya menjadi atlet. Bulu tangkis menjadi salah satu favorit orang tua untuk menjadikan anaknya berkecimpung di dunia olah raga ini.

Selain nanti jika sudah memperkuat pelatnas, jalan karier atlet bulu tangkis pun, erat kaitannya dengan sumber penghasilan.BWF sebagai otoritas tertinggi bulu tangkis dunia, mengelola turnamen, ada 31 turnamen yang bisa di ikuti para atlet bulu tangkis, sepanjang tahun 2023. Siapakah pemain bulu tangkis asal Indonesia, yang berhasil mengumpulkan hadiah uang terbanyak?

Apakah Chico Aura Wardoyo masuk sebagai pemain Indonesia yang menggondol hadiah uang terbanyak, atau justru Gregoria Mariska Tunjung? Jangan lupa tentang penampilan Anthony Sinisuka Ginting yang baru saja meraih runner up Indonesia Open. Sebelum itu kita bahas dahulu, berapa sih besaran hadiah di turnamen yang diselenggarakan BWF.

BWF memiliki lima level turnamen, mereka menyebutnya sebagai Super 100, Super 500,Super 750 dan Super 1000. Kemudian ada juga Final Tur Dunia yang diselenggarakan setiap akhir tahun, hadiah totalny pun bikin melongo, sekitar 30 milyar rupiah. Bisa cepat dapat cuan ya para pemain bulu tangkis.

Untuk hadiah Super 100, hadiah totalnya 100.000 dolar Amerika Serikat, untuk Super 300, total hadiahnya 210.000 dolar Amerika Serikat, untuk Super 500, hadiah totalnya ssbesar 420.000 dolar Amerika Serikat. Distribusi hadiah untuk Super 100,300 dan 500, sang juara tunggal putra mendapat 7,50% dari total hadiah, sedangkan untuk juara ganda putra,putri dan campuran adalah 7,90% dari total hadiah.

Sedangkan untuk Supet 750, total hadiah 850.000, sedangkan Super 1000, total hadiahnya adalah 1.250.000. Untuk juara tunggal putra putri mendapat 7% dari total hadiah, sedangkan untuk ganda putra, putri dan campuran adalah 7,40% dari total hadiah.

Paling menggiurkan adalah jika pemain mampu menjuarai Final tur dunia, hadiah total yang disediakan BWF adalah 2.000.000 dolar Amerika Serikat. Untuk pemenang tunggal putra dan putri, berhak mendapatkan 8% dari total hadiah, sedangkan ganda putra,putri dan campuran mendapat 8,40% dari total hadiah.

Dari instagram djarum badminton, pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, adalah pemain bulutangkis Indonesia yang paling banyak mendapatkan cuan sepanjang tahun 2023, pasangan nomor satu dunia ini meraih total hadiah sebesar 3,1 milyar rupiah.

Disusul kemudian, pemain nomor dua dunia, Anthony Sinisuka Ginting yang meraih uang sebesar 1,9 milyar. Di urutan ketiga memunculkan nama, pasangan senior Muhammad Ahsan/Hendra Setiawan yang meraih uang sebesar 961 juta. Jonathan Christie membuntuti di urutan ke-empat dengan raihan 866 juta.

Pemain tunggal putri yang baru saja bertunangan,Gregoria Mariska Tunjung, mampu mengumpulkan 816 juta dan masuk lima besar. Berikutnya adalah Chico Aura Wardoyo yang meraup 644 juta dan bertengger di urutan ke-enam. The Babbies, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin berada di peringkat ke-tujuh dengan total uang 638 juta.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline