Minuman berkarbonasi sudah menjadi budaya pop yang melegenda, persaingan mengerucut di dua merk terkenal yakni Pepsi Cola dan juga Coca Cola, persaingan merk minuman berkarbonasi ini bertahun tahun lamanya, saling sindir dalam pembuatan iklan menjadi perseteruan yang seakan tak pernah padam.
Menggandeng mega bintang Michael Jackson dengan tagline "Next Generation" membuat Pepsi di gandrungi kalangan muda, omzet penjualan Pepsi pun terkerek, namun kini persaingan antara Pepsi dan Coca Cola khususnya di Indonesia akan menjadi cerita lalu. Per tanggal 10 Oktober 2019, minuman yang formulanya ditemukan oleh ahli farmasi pada tahun 1893 oleh Caleb Bradham ini menyatakan pamit untuk penjualan di Indonesia.
Pihak Pepsico, perusahaan Pepsi asal Amerika Serikat ini tidak melanjutkan kerja sama lagi dengan PT Anugerah Indofood Barokah Makmur, dengan demikian produk produk minuman bersoda seperti Pepsi, Mirinda dan juga 7Up tidak lagi di produksi, dijual dan di distribusikan.
Penulis sengaja menyusuri beberapa gerai mini market yang berada di sekitaran wilayah Tambun, rak rak minuman bersoda ternyata sudah tidak memajang lagi minuman soda Pepsi, rak rak di isi minuman soda kompetitor, , yang paling di ingat tentang Pepsi Cola adalah warna biru pada minuman tersebut.
Selain tentang gaya hidup generasi 90an dan minuman Pepsi, para pecandu gamers tentu pasti kenal dengan games yang bertajuk Pepsiman, games ketangkasan dengan karakter super hero dengan balutan warna biru dan perak, berburu point dengan menyentuh kaleng minuman Pepsi, game ini begitu populer pada era 90an dan awal milenium di tahun 2000.
Minuman soda Pepsi juga terkenal karena bersanding dengan menu yang disajikan Kentucky Friend Chicken, ayam goreng waralaba dari racikan Kolonel Sanders ini selalu menyertakan varian minuman dari produk Pepsi. Namun imbas berakhirnya kerja sama antara Pepsico dengan PT AIBM sangat mungkin terasa di gerai gerai KFC, untuk minuman bersoda tampaknya mesti berganti merk lain.
Seperti pula kehidupan, korporasi pun akan mengalami fase kelahiran, berkembang hingga satu saat pun tak hadir lagi dan menghilang di pasaran, nasib ini pun sedang terjadi pada merk Pepsi di pasaran domestik Indonesia. Bisa jadi satu ketika Pepsi hadir kembali, menurut ketua Asosiasi Industri Minuman Ringan(Asrim) Triyono Pridjosoesilo bahwa pasar minuman soda cenderung tumbuh di bawah 5%.
Menarik untuk di simak, setelah Pepsi hengkang dari pasar minuman soda tanah air, akankah kompetitor terdekat Pepsi yakni Coca Cola akan semakin menancapkan eksistensi di pasar minuman bersoda, patut kita tunggu perkembangannya.
Akhirnya ada satu titik harus berpisah dengan Pepsi Cola yang di kenal memiliki iklan khas yang dibintangi oleh pesepak bola terkenal David Beckham, Ronaldinho, Roberto Carlos hingga kiper legendaris Buffon. Namun pasar domestik Indonesia khususnya minuman soda akan tetap ada karena penggemar minuman ini pun termasuk banyak.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H