Lihat ke Halaman Asli

Topik Irawan

TERVERIFIKASI

Full Time Blogger

Aspek Indonesia Siap Menyambut May Day 2016

Diperbarui: 25 April 2016   06:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="Poster May Day fiesta 2016 (dok. Aspek Indonesia)"][/caption]Bulan Mei adalah bulan spesial bagi para buruh di Indonesia, 1 Mei di peringati sebagai hari buruh internasional, momentum 1 Mei di peringati sebagai hari buruh internasional adalah untuk mengenang perjuangan kaum buruh yang menuntut pengurangan jam kerja menjadi 8 jam sehari, dahulu para buruh mengalami masa masa kelam dengan jumlah jam kerja perhari di atas 8 jam. Akhirnya tuntutan buruh pada tanggal 1 Mei 1886 di lapangan Haymarket Amerika Serikat, agar jam kerja lebih manusiawi, sekitar 400 ribu buruh mengadakan demonstrasi. banyak dari demonstran tewas di tembaki polisi dan banyak pemimpin buruhnya di hukum mati.

Peristiwa Haymarket tanggal 1 Mei 1886 akhirnya menginspirasi gerakan buruh di belahan dunia lainnya agar jam kerja untuk para buruh lebih humanis, dan 1 Mei pun sering di sebut sebagai May Day. Aspek Indonesia pun sebagai salah satu federasi pekerja mulai mempersiapkan diri, serangkaian kegiatan pun telah di persiapkan untuk menyambut peristiwa tahunan dan hari istimewa bagi para buruh di seluruh dunia. Untuk perayaan May Day tahun ini, Aspek Indonesia kedatangan tamu istimewa yaitu dengan hadirnya Mrs Ann Sellin yang saat ini menjabat presiden UNI Global.

Sebagai salah satu federasi yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia(KSPI) dan juga federasi yang berafliasi kepada UNI GLOBAL, kedatangan Mrs Ann Sellin merupakan kehormatan besar, ada beberapa agenda presiden UNI Global di Indonesia, diantaranya adalah kunjungan ke kedutaan Finlandia, kunjungan ke Serikat Pekerja United Traktor, kunjungan ke Serikat Pekerja Antara, menghadiri seminar Woment's Movement in Labor Movement yang betempat di kantor Indosat.

Selain itu Mrs Ann Sellin di agendakan untuk mengadakan kunjungan ke Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia dan kunjungan ke pimpinan MPR/DPR. Dan puncak kegiatan presiden UNI Global adalah menghadiri perayaan May Day Fiesta di Gelora Bung Karno bersama ribuan buruh Indonesia. Semoga tahun ini perayaan May Day berlangsung semarak, dan ke depannya buruh pun semakin sejahtera, majulah buruh Indonesia!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline