Kompasiana Coverage bersama BII Maybank(dokpri)
Inovasi adalah denyut di setiap korporasi yang ingin terus bertahan, menantang perubahan zaman, menghadapi serbuan dari kompetitor agar tetap menjadi pilihan konsumen, dengan beragam inovasi, pada akhirnya korporasi pun tetap bertahan meski gempuran silih berganti, salah satu dari yang sedikit bertahan di alam kompetisi ketat perbankan adalah PT Bank Internasional Indonesia, sebuah bank sarat sejarah yang berdiri sejak 15 Mei 1959.
Pada kenyataannya memang tak bisa di pungkiri BII adalah bank di Indonesia yang bisa di bilang sebagai bank perintis di bidang perbankan elektronik. Di tahun 1998 saat ekonomi nasional mengalami prahara yang mengimbas kepada laju pertumbuhan ekonomi nasional, di situasi politik Indonesia yang saat itu tidak menentu, sebuah terobosan baru dilakukan BII dan belum di lakukan oleh bank bank tanah air, BII meluncurkan sebuah layanan yang di kasih label yaitu internet banking.
Inovasi tak berhenti di situ, pada tahun 2003, satu satunya bank lokal yang menyediakan setoran tunai melalui CDM(Cash Deposit Machine) dan ini menjadi pelopor yang di ikuti juga oleh kompetitor lainnya, dan pada tahun 2011, BII meluncurkan BII Mobile Banking dengan platform terkini dan di susul kemudian inovasi di tahun 2013 kembali BII dengan bangga mempersembahkan produk layanan BII Mobile Banking yang berbasis Short Message Service(SMS) dengan metode enskripsi.
Soal Inovasi Perbankan BII Maybanklah Jagonya
Inovasi tiada henti mobile banking BII Maybank(dokpri)
Perlu 2 kali memutari areal SCBD untuk menemukan tempat dimana Kompasiana Coverage BII Maybank2U, ternyata butuh sana sini bertanya agar bisa nyampe ke TKP yaitu di Midtown Jakarta Bistro & Lounge yang beralamat di Jalan Tulodong Atas Nomor 28, SCBD, Senopati, Jakarta Selatan. Namun akhirnya ketemu juga, duh leganya, saat tiba acara belum di mulai, namun terlihat beberapa Kompasianer sudah hadir dengan menenteng goodie bag, registrasi dan saya pun menerima goodie bag boneka anak macan dan flashdisk berlogo BII Maybank, nuhun pisan untuk penyelenggara acara.
Setelah menikmati snack, kami pun di persilahkan menuju lantai dua Midtown, menunggu di sana MC atraktif yang pembawaannya anti galau, siapa lagi kalau bukan Mbak Citra, suasana cafe pun jadi meriah dengan kehadirannya, ada juga Jhon Patrick CEO Cekaja.com, dan nara sumber yaitu Hansal Savla, Senior Director TNS Research, Danny Oei Wirianto, Chairman Kaskus, Gusnawan Tjan, Head of Business Planning & Performance Management BII, Stefanus Willy Sukianto, Head WM, Segment Strategy & E-Channel BII, dan Amran Hassan, Maybank's head of corporate development and innovation.
Dari mereka pula akhirnya saya tahu bahwa memang untuk soal internet banking dan juga inovasi inovasi yang lahir dari produk perbankan di BII Maybank memang oke punya, hampir di semua lapisan inovasi teknologi perbankan BII selalu menjadi pelopor di Indonesia.
Di era ke kinian di mana sarana internet telah menjalar dan menjadi bagian dari gaya hidup, di tahun 1968, saat itu koneksi 2 komputer saling terhubung adalah hal yang paling up date, namun dalam tiga dekade, koneksi antar komputer menjadi jutaan, dan internet pun telah menjadi bagian penting dalam dunia perbankan, secara optimal BII Maybank memanfatkan hal tersebut secara genial.
Kini layanan perbankan BII Mobile Banking berbasis internet dapat dengan mudah diakses melalui ponsel pintar, platform itu tersedia dalam sistem Android dan juga iOS(Apple), berbagai transaksi sangat mudah digunakan dengan jari jari, tinggal pencet handphone maka transaksi financial maupun non financial dalam dilakukan dengan BII Mobile Banking, maka pengelolaaan portfolio rekening yang kita miliki seperti Tabungan, Pinjaman baik KTA maupun KPR, Deposito, Giro akan dkelola secara elegant dengan BII Maybank2U, keren khan?