Lihat ke Halaman Asli

Kita Nikmati Lebaran 1 Syawal, Yuuuk... Lupakan Dulu Perbedaan !!!

Diperbarui: 26 Juni 2015   02:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Komputer baru saja dibuka. Usai beberapa waktu menganggur karena berlebaran. Ya, si Topeng memang lagi menikmati saat-saat yang langka. Saat semua orang menjadi kian merasa saling bersaudara. Saat orang-orang amat begitu mudah untuk memohon maaf dan memafkan. Idul Fitri, memang sebuah tradisi kemanusiaan yang sangat mengagumkan.

“Luar biasa...... Aku makin cinta....” kata si Topeng dengan penuh bangga.

Ada lagi. Lebaran, saat yang khusus bagi si Topeng. Saat dimana tidak perlu banyak berpikir, bagaimana memperoleh makan sepanjang hari. Tanpa keluar uang lagi. Semua jenis makanan telah tersedia di kamar kosnya. Hmm.... Memang para tetangga dan teman-teman si Topeng sangat baik, apalagi Kyai Gendheng yang telah memberi THR lebaran.

“Nikmat...Hahahahahahahaahahahahaha.....” kata si Topeng

Gubrakkk !!!. Hahahahahahahaahahahahahahha.... Ternyata, ada yang berbeda di Kompasiana. Dua hari terakhir ini, si Topeng dahinya berkerut. Bukan karena kurang makan, justru banyak makan pas sedang lebaran. Si Topeng Kemlakaran? Tidak, bung! Hahahahahahahahahahahahhaahahhahahahaha...

“Kok, bisa jadi rame gini.. sih” cetus si Topeng.

Bukan apa-apa, kata beberapa kawan, tampaknya di rumah sehat Kompasiana kini sedang panas... sehingga si Topeng merasa ikut tersengat jilatan api amarah juga. Si Topeng jadi ikut amarah? Hahahahahahahahahahahahahaha... mana mungkin, apa yang pantas untuk dimarahkan? Ada-ada saja. Lebaran, hari gini.... marah marahan??? Apa kata dunia!!! Hahahahahahhahahahahahahahahahahahahaha...

Yah, katanya sih ada buntut heboh 1 Syawal. Eh, Kompasiana jadi terbawa-bawa juga. Aduh, rumah sehat si Topeng jadi penuh kata-kata yang membuat pedih bagi sebagian mata teman-teman semua. Betulkah? Entahlah... Hahahahahahahahahahahahahaha...

“Peng, kamu sendiri lebarannya kapan?” tanya teman si Topeng.

“Lebaran? Hahahahahahahahahahahahahahaha.... Saya lebaran hari selasa Choy... tapi sholat ied-nya hari Rabu... Tidak apa-apa kan?” balas si Topeng dengan enteng.

“Lho, tuh gak konsisten, Peng..!”

“Apa? Gak konsisten? Hahahahahahahahahahahahahahahahaha... Yang penting tetap konsisten agar umat ini ngadem, Choy.... Wong kata Kyai Gendheng, gak sholat id saja ga apa-apa... namanya juga sunah.... hahahahahahahahahahahahahahahahahaha...”

“Kalau soal hitung-hitungan awal bulan Syawa itu, bagaimana Peng?”

“Choy..... Ada saatnya yang tepat, kapan kita bicara, dan biarlah mereka para ahlinya...”

“Betul, juga ya?”

“Betul Choy......ingat tuh takbiran.... AllahMaha Besar.. Allah Maha Besar.... Tetaplah meninggikan kalimat tauhid.... La ilaha illallah.... walau mereka tidak suka sama kita.... tetaplah kita mengagungkan asma-Nya... bukan membesar-besarkan kesombongan kita....Sholat Id sejatinya proklamasi tahunan persaudaraan antar kita... bukan sebaliknya....Agar umat Islam ini elok dan indah dipandang mata..... ”

Sang teman terkagum-kagum saat mendengar kata-kata si Topeng. Kepalanya manggut-manggut. Kedua tangannya, tanpa sadar ditepuk-tepukannya. Pok...Prok...Prok...!!!

“Wah, wah... hebar juga kata-kata kau, Peng... Sejak kapan, kau jadi pintar begini?”

“Hebat? Nih, baca SMS dari temanku.... Mana ada si Topeng hebat.... entar, mau kiamat.. apa? fitnah tuh... Hahahahahahahahahahahahahahahhahaha...”

Sang teman ikut membaca SMS di layar hape milik si Topeng. Kini, senyum di bibirnya mulai mengembang.

“Kalau baca SMS, saya juga bisa, Peng. Kirain, hasil pikiranmu sendiri... Hahahahahahahahahahahahaahahahaha....”

“Hahahahahahahahahahaahhahahahaa...Siapa yang bilang, itu hasil pikiranku sendiri......Kita nikmati lebaran Syawal yuuuk......!”

“Lupakan sejenak perbedaan....!”

Mereka, lalu kembali tertawa...

Hahahahahahahahahahahahahahahahahahaha....***

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline