Lihat ke Halaman Asli

Tonny Syiariel

TERVERIFIKASI

Travel Management Consultant and Professional Tour Leader

Indonesia Vs Thailand di Pentas Pariwisata Global

Diperbarui: 31 Desember 2021   07:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bundaran HI-Jakarta & Wat Arun-Bangkok. Sumber: dokumentasi pribadi

Indonesia dan Thailand tidak hanya bertarung di Final Piala AFF 2021. Di pentas pariwisata global pun, keduanya kerap bersaing. Jika di sepak bola Thailand jauh lebih superior, bagaimana di industri pariwisata

Kedua negara anggota ASEAN ini sejatinya sama-sama memiliki banyak destinasi wisata fantastis. Bagi wisatawan Eropa, membuat keputusan untuk mengunjungi salah satu di antaranya selalu tidak mudah. Indonesia begitu memesona. Dan Thailand pun sungguh menawan!

Di ajang "2021 World Travel Awards", misalnya, Indonesia dan Thailand ikut bersaing di beberapa kategori sekaligus. Mulai dari kategori "Asia's Leading Destination", "Asia's Leading Cultural Destination", "Asia's Most Romantic Destination", hingga "Asia's Leading Dive Destination". Ada yang dimenangkan Indonesia, ada pula yang diraih Thailand.

Sementara itu, dari "Top 25 Islands in the World" yang dirilis majalah perjalanan ternama Travel+Leisure, Indonesia dan Thailand pun sama-sama berhasil menempatkan satu destinasi andalannya. Koh Samui-Thailand berada di peringkat ke-7, sedangkan Pulau Bali berada persis di urutan berikutnya.

Pantai Atuh-Nusa Penida, Bali. Sumber: dokumentasi pribadi

Mau yang lebih serius lagi? Baiklah. Dari sekitar 1.092 situs yang sudah terdaftar di UNESCO World Heritage Sites, Indonesia memiliki 9 situs, di antaranya Borobudur, Prambanan, dan Taman Nasional Komodo. Indonesia juga tercatat sebagai negara di Asia Tenggara yang memiliki situs Warisan Dunia UNESCO terbanyak. 

Bagaimana dengan Thailand? Negeri yang dulunya dikenal sebagai Siam itu hanya memiliki 6 situs Warisan Dunia UNESCO, antara lain Ayutthaya Historical Park dan Historic Town of Sukhothai.

Candi Borobudur, salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO. Sumber: dokumentasi pribadi

Indonesia dan Thailand sebetulnya memiliki banyak potensi wisata yang tidak berbeda jauh. Sama-sama memiliki keunggulan tersendiri. Jika Indonesia menjagokan Pulau Bali dengan deretan pantai ternama, seperti Kuta, Sanur, Nusa Dua dan lain-lain. Thailand pun memiliki pantai-pantai yang sama terkenal.

Dari Pantai Pattaya dan Jomtien yang berada di Teluk Thailand, hingga pantai-pantai indah lainnya di seputar Pulau Phuket yang berlokasi di tepi Laut Andaman. Sebut misalnya, Patong, Karon, Kata, dan lain-lain. 

Begitu pula di kelompok destinasi wisata yang lebih kekinian. Indonesia yang mengandalkan Nusa Penida, Komodo, Pulau Gili, Wakatobi, Raja Ampat dan lain-lain, pun mendapat kompetitor yang sepadan dari Thailand. Itulah pulau-pulaunya yang telah mendunia seperti Koh Samui, Ko Pha Ngan, Phiphi dan Maya Bay.

Raja Ampat-Papua, salah satu permata di timur Indonesia. Sumber: dokumentasi pribadi

Meskipun demikian, Indonesia seharusnya lebih unggul jika melihat potensi besar yang dimilikinya. Kepulauan Raja Ampat, misalnya, jauh lebih menakjubkan dibandingkan dengan Phang Nga Bay- Phuket yang juga bertabur pulau-pulau karst. Pulau Wayag, ikon Raja Ampat, pun lebih keren dari Maya Bay yang pernah muncul di film "The Beach".

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline