Lihat ke Halaman Asli

Tonny Syiariel

TERVERIFIKASI

Travel Management Consultant and Professional Tour Leader

Spot Foto Instagrammable, Andalan Destinasi Wisata Masa Kini

Diperbarui: 14 April 2022   23:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Nana & Emil di Gunung Ijen. Sumber: Mardiana Tany @nana_cantique

Tempat wisata instagrammable kini seakan menjadi jimat nan sakti menjual sebuah destinasi wisata. Tidak jarang, biro perjalanan wisata pun ikut menyelipkan berbagai foto instagramable dalam promosi wisata demi menarik calon pelanggan.

Di sisi lain, destinasi wisata berlabel "instagrammable" juga dianggap manjur menarik pengunjung untuk ramai-ramai mendatanginya. Tidak heran, untuk mendapatkan status yang seakan menjamin kecepatan viral, banyak tempat umum lainnya, baik resto, kafe, kampung, hingga lorong atau sepotong jalan pun disulap dengan dekorasi menarik agar ikut populer di jejaring sosial media.

Tentu saja, jika sukses viral di sosmed, khususnya di platform Instagram, pada ujungnya mendongkrak ekonomi lokal di lokasi tersebut. 

Bagi sebuah kawasan wisata, misalnya, dampak viralnya ikut memberikan pemasukan tambahan ke masyarakat setempat. Sedangkan bagi sebuah kafe, tentunya diharapkan meningkatkan penjualannya.

Instagrammable sendiri berarti sebuah foto atau gambar yang layak ditayangkan di media berbagi Instagram. Dan kenapa harus Instagram? Pasalnya, Instagram adalah salah satu media sosial dengan pengguna tertinggi di dunia, termasuk juga di Indonesia.

Puncak Wayag, salah satu spot instagramable paling populer. Sumber: koleksi pribadi

Menurut data statista, per Agustus 2020, setidaknya terdapat sekitar 77.19 juta pengguna Instagram di Indonesia. Suatu jumlah yang sangat besar. Dan bukan itu saja daya tarik Instagram.

Instagram adalah media sosial yang fokus pada platform berbagi foto dan video. Fitur-fitur yang melekat di media ini membuat penggunanya makin menggandrunginya.

Namun, jangan lupa! Tidak semua tempat wisata instagramable bertahan lama di pasar. Ada yang sekejap meroket, tetapi setelah beberapa waktu kemudian, spot itupun terlihat menjadi biasa.

Nilai jual spot tersebut yang awalnya begitu kekinian, sangat aktual, nge-hits banget, pun mulai memudar, setelah foto-fotonya yang beredar nyaris sama semua. Dan pada ujungnya, wisatawan pun mengejar spot instagramable baru lainnya.

Sejatinya, dari aspek pariwisata, spot instagramable bisa dibagi dalam dua kelompok, yakni dari tempat wisata yang sejak awal memang sudah populer. Dan yang kedua, tempat wisata baru yang secara sengaja dibuat sebagai spot instagramable. 

Wisatawan berfoto di Diamond beach, Nusa Penida. Sumber: koleksi pribadi

Di kelompok pertama, fotografer ataupun pemengaruh (influencer) hanya perlu jeli mencari sudut memotret terbaik dari destinasi wisata yang memang sudah populer. Sebuah spot yang tidak umum, unik, dengan komposisi brilian. Hasilnya, fantastis! Foto dari angle itu pun seakan menjadi acuan semua wisatawan lainnya.
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline