Lihat ke Halaman Asli

Tonny Syiariel

TERVERIFIKASI

Travel Management Consultant and Professional Tour Leader

Hari "Happy Hour" Nasional, Sudah Tahu Kisahnya?

Diperbarui: 12 November 2020   10:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi sebuah bar. Sumber: www.bocamag.com/ calle 23miami

Dunia kita seakan tidak pernah kehabisan ide untuk membuat berbagai hari-hari khusus. Deretan tanggal merah yang sudah tercetak di kalender pun rasanya masih jauh dari cukup. Kini kita pun mengenal berbagai hari khusus lainnya yang dirayakan di berbagai belahan dunia.

Di bulan November ini, selain sejuta kisah romantis tentang "November Rain", bulan ke sebelas dalam kalender Gregorian ini juga menyelipkan sebuah hari untuk para penikmat "waktu bergembira di jam tertentu". Happy hour? Tidak salah bro. Hari ini dunia merayakan "National 'Happy Hour' Day".

"Happy Hour" adalah jam-jam antara 16.00 hingga 19.00. Atau, sekitar sore sampai sebelum jam makan malam. Bagi kalangan ekspatriat, profesional muda dan sebagian masyarakat urban, Happy hour selalu menjadi waktu ideal untuk kongkow bareng teman-teman sepulang kantor. Pasalnya, di waktu inilah banyak hotel, resto, kafe dan bar bersaing menawarkan berbagai promo minuman dengan harga diskon.

Promosi ala Happy hour telah lama menjadi tren di berbagai kota besar di seluruh dunia. Apalagi waktunya pas datang bersamaan dengan Peak hour alias jam sibuk pulang kantor. Dan untuk menghindari jebakan kemacetan, bukankah lebih baik mampir sejenak di kafe, misalnya, sambil menikmati tawaran "Buy One, Get One Free". :)

Sama seperti berbagai hari-hari khusus yang diselenggarakan dunia, Happy hour ternyata memiliki sejarah yang cukup menarik. Bahkan tradisi happy hour ini sejatinya telah berlangsung sejak tahun 1913 di lingkungan Angkatan Laut AS.

Contoh sebuah promosi di AS. Sumber: www.joescrabshack.com

Alkisah, pada awal tahun 1913, sebuah acara hiburan bertajuk "Happy Hour Social" diselenggarakan di atas kapal perang USS Arkansas. Dan nama acara seperti ini konon pernah digunakan juga jauh sebelumnya. Misalnya, "Happy Hour Club", "Happy Hour Social Club", dan lain-lain, yang diperkirakan sudah ada setidaknya di awal tahun 1880-an.

Seperti sudah diduga, persis seperti namanya. Tujuan acara "Happy Hour" tidak lain adalah untuk mengurangi kebosanan yang rutin melanda para pelaut di atas kapal yang kerap melaut dalam waktu lama.

Acara inipun dikemas dalam program Happy hour yang sangat variatif. Ada tinju, gulat, musik dan dansa. Program ini pun berkembang makin populer. Dan pada akhir Perang Dunia I, bisa dibilang acara Happy hour sudah menyebar ke seluruh AL Amerika Serikat.

Popularitas Happy hour selanjutnya mulai menyeruak ke luar lingkungan AL, setelah ikut disebarkan para pewarta yang biasanya rutin meliput berita pertempuran Amerika -- Mexico, khususnya selama pendudukan pelabuhan Veracruz oleh AL AS, ketika terjadi Revolusi Mexico.

Mereka ingin menulis berita 'biasa', bukan lagi soal perang. Dan para pelaut di atas kapal perang USS Arkansas pun tentunya menjadi subjek berita menarik, termasuk aktivitas yang dilakukan di atas kapal.

Sebuah berita di "Washington Times" tanggal 1 Mei 1914, misalnya, bertajuk menarik, "The 'Happy Hour' Aboard Ship Makes U.S. Tars Contented." Kata "Tars" adalah sebuah singkatan dari "Tar heels" yang merujuk ke sebutan untuk pelaut asal Carolina Utara. Ini juga julukan negara bagian tersebut.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline