Lihat ke Halaman Asli

Toni Yoyo

Pekerja Profesional, Konsultan Manajemen dan Bisnis, Pembicara Publik, Trainer, Pengajar, Narasumber Radio dan TV, Penulis, Grafologis, dan Hipnoterapis

Cara Mengaktifkan Pikiran Bawah Sadar Anak

Diperbarui: 4 Juli 2019   10:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

(Parenting Tips by Toni Yoyo)

Secara umum, manusia memiliki dua jenis pikiran, yaitu pikiran sadar (conscious mind) dan pikiran bawah sadar (subconscious mind).

Pikiran sadar bersifat analitis, rasional, manipulatif, tergantung kepada pengalaman dan pembelajaran yang pernah dialami.

Pikiran bawah sadar bersifat polos, baik, tidak analitis, tidak rasional, tidak manipulatif, dan tidak tergantung kepada pengalaman dan pembelajaran yang pernah dialami.

Potensi, kemampuan, dan kekuatan pikiran sadar manusia hanyalah sebesar 12%, sedangkan untuk pikiran bawah sadarnya sebesar 88%. Artinya peran dan pengaruh pikiran bawah sadar manusia hampir 8x pikiran sadarnya.

Pikiran bawah sadar anak kecil cukup sering aktif di keseharian. Semakin anak besar, pikiran bawah sadarnya semakin jarang aktif secara alamiah.

Banyak cara mengaktifkan pikiran bawah sadar anak. Salah satu cara terbaik adalah dengan SERING MEMUNCULKAN EMOSI POSITIF DALAM DIRI ANAK SEHINGGA ANAK MERASA SENANG DAN NYAMAN. Contohnya, orang tua membuat kejutan (surprise) dengan membawakan sesuatu yang disuka oleh anak. Saat anak terkejut dan senang sekali (emosi positif kuat), orang tua lalu dengan penuh kasih menyampaikan harapan atau nasihat kepada anaknya.

Ingatlah wahai orang tua, berkomunikasilah sesering mungkin dengan pikiran bawah sadar anak untuk MENGURANGI PERLAWANAN DAN PENENTANGAN anak. Anak juga akan LEBIH PATUH DAN MENURUTI apa-apa yang diminta atau dinasihatkan oleh orang tua.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline