Lihat ke Halaman Asli

Bersama BUMDES Desa Kebobang: Tim Pengabdian UM Maksimalkan Observasi Sukseskan SDGS 2030

Diperbarui: 8 September 2023   12:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Tim pengabdian Universitas Negeri Malang (UM) melaksanakan observasi sekaligus wawancara guna mengidentifikasi bagaimana pengelolaan BUMDES di Desa Kebobang. Pada hari Kamis, 20 Juli 2023 tim pengabdian UM yang ahli di bidang studi kelayakan bisnis dengan ratusan HKI dari kelayakan bisnis dan merupakan Dosen Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Malang yaitu Tomy Rizky Izzalqurny, S.E., M.S.A dibantu beberapa mahasiswa lainnya melakukan pengamatan di Desa Kebobang salah satu desa yang berlokasi di Kabupaten Malang.

Desa Kebobang merupakan salah satu desa yang terletak di Kabupaten Malang dimana desa tersebut mengembangkan BUMDES antara lain toko Alat Tulis Menulis, angkringan, dan taman edukasi pertanian. Toko dan angkirangan di desa Keboban sudah berjalan cukup lama. Namun untuk taman edukasi pertanian masih dalam progres pengerjaan dan akan dibuka pada tahun 2023. Kendala yang dialami oleh BUMDES Desa Kebobang adalah kurangnya pengetahuan tentang tata kelola wisata edukasi yang benar. Pihak desa menginginkan adanya sosialisasi dan pelatihan tata kelola wisata edukasi melalui pihak-pihak yang ahli di bidang pariwisata agar bisa menciptakan pertumbuhan ekonomi yang dapat dirasakan oleh warga sekitar. 

Hal ini sejalan dengan SDGs 8 yaitu pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi dimana hal ini dapat menciptakan lapangan pekerjaan untuk masyarakat setempat sehingga pertumbuhan ekonomi Desa Tambakasri bisa meningkat sekaligus memberikan pendapatan tambahan untuk desa tersebut. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline