Lihat ke Halaman Asli

Thomas Jan Bernadus

A Freelance Blogger

Sedapnya Tahu Gejrot di Iki Kuwi

Diperbarui: 21 Juli 2019   00:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto Pribadi

Pernah mendengar atau mencicipi makanan khas sebuah daerah di Jawa Barat yang bernama Tahu Gejrot? Makanan satu ini, berasal dari Cirebon yang memiliki juklukan dengan Kota Udang.

Kita biasanya menyantap Tahu Gejrot dari penjual keliling baik yang dipikul atau menggunakan gerobak. Ada yang berkeliling dan ada juga yang mangkal di tempat tertentu.

Selain yang dijual berkeliling, Tahu Gejrot ini bisa dinikmati di restoran juga. Seperti yang beberapa kali santap ini. Nama restorannya adalah Iki Kuwi. Artinya kalau tidak salah dalam bahasa Jawa adalah Ini Itu. 

Saya tahu restoran ini berada di sebuah Mall. Awalnya beberapa tahun lalu, karena tertarik, saya mampir untuk mencicipi. Tapi ternyata, saya suka dengan citarasa Tahu Gejrot di Restoran Iki Kuwi ini.

Foto Pribadi

Iki Kuwi ini memanglah restoran spesial menjual Tahu. Ada juga makanan lain, tapi, berbahan tahu merupakan kekhasan restoran ini.

Mengenai Tahu Gejrot, bagi saya, di restoran ini sungguh berbeda. Kalau biasanya di pedagang keliling menggunakan tahu yang agak asin yang berukuran kecil-kecil,  di Iki Kuwi ini tahunya berbeda.

Di Iki Kuwi, sebelum menjadi Tahu Gejrot, Tahu digoreng dulu. Jadi ketika disajikan masih panas atau hangat tahunya. Berbeda dengan pedagang keliling. Tahunya sudah matang, tinggal dipotong-potong.

Tahu Gejrot di Iki Kuwi, kuahnya juga berbeda rasanya. Lebih enak dan tasty. Tidak asam seperti pedagang keliling. Di Iki Kuwi, kita bisa minta pedas, atau ekstra bawang merah atau bawang putih.

Foto Pribadi

Saya memesan biasanya yang ekstra bawang merah karena akan membaut lebih enak. 

Tahu yang baru digoreng dipadu dengan kuah atau bumbu tahu gejrot yang tasty, membuat Tahu Gejrot di Iki Kuwi benar berbeda. 

Harganya pun, untuk satu mangkok, hanya 20.000. Masih tergolong murah. Kalau di pedagang keliling harganya memang di bawah 10 ribu, tapi biasanya saya 2 porsi. Tapi di Iki Kuwi, Tahu Gejrot porsi cukup banyak. Tidak perlu nambah. Mau mencobanya?




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline