Lihat ke Halaman Asli

Thomas Jan Bernadus

A Freelance Blogger

Akankah Kang Emil Meretas Jalan Menuju Kursi Presiden Seperti Jokowi?

Diperbarui: 5 September 2018   17:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

tribunnews.com

Presiden Joko Widodo, hari ini melantik delapan Gubernur dan Wakil Gubernur di Istana Negara. Presiden melantik Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih ini lebih cepat karena tidak ada gugatan ke MK. Jadi sudah bisa dilantik.

Di antara yang dilantik adalah pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum. Namun yang akan saya soroti di sini adalah, Ridwan Kamil. Soalnya ini sangat menarik bagi saya. Mengapa menarik?

Melihat apa yang dilewati oleh Ridwan Kamil ini, mirip dengan Presiden Joko Widodo. Kita semua sudah pada tahu kan kalau sebelum menjadi Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo merupakan Walikota Surakarta. Di periode ke-2 menjadi Walikota, Joko Widodo menjadi Gubernur DKI Jakarta berpasangan dengan Basuki T. Purnama.

Ketika menjadi Gubernur DKI Jakarta, di tahun ke-2, Joko Widodo diusung oleh sejumlah partai untuk menjadi Presiden dan terpilih. 

Melihat "path way", saya rasa bisa saja tahun 2024 nanti, Ridwan Kamil nanti akan menjadi Calon Presiden dan bahkan bisa menjadi Presiden terpilih. Ridwan Kamil yang akrab disapa Kang Emil ini memiliki jalur yang sama dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dengan menjadi Walikota dan selanjutnya Gubernur, Kang Emil sudah tentu akan punya basis massa. Kang Emil sudah memiliki pemilih. Apalagi, Jawa Barat ini jumlah pemilihnya paling banyak se Indonesia. Kang Emil juga memiliki kharisma seorang pemimpin (bagi saya). 

Tantangan yang dihadapi Kang Emil dan pasangannya, begitu besar di di Pilgub Jawa Barat. Hebatnya lagi, Kang Emil bisa menang. Ini sudah jadi modal yang besar bagi kang Emil untuk maju pada 2024 nanti, untuk menggantikan Jokowi kalau terpilih kembali. 

Hari ini juga keluar statement dari Kang Emil yang siap menjadi Timses Jokowi. Ini saja sudah akan merebut hati dari para Jokowers terutama ibu-ibu, karena kang Emil memiliki dari kaum hawa. Akankah kang Emil meretas jalan menuju kursi Presiden seperti Pak Jokowi?

Kita lihat saja nanti. Kalau saya sih memiliki keyakinan ini. Dan ini hanya opini pribadi saya saja.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline