Lihat ke Halaman Asli

Thomas Jan Bernadus

A Freelance Blogger

Bisa Beli Sembako Murah di RPTRA

Diperbarui: 17 Maret 2017   08:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak, yang kerap kita jumpai adalah sarana bermain anak, lapangan olahraga baik sepakbola maupun bulutangkis, ruang laktasi, ruang atau aula serbaguna dan fasilitas lainnya.

Sebenarnya, ada satu fasilitas lagi di RPTRA.Namanya adalah PKK Mart atau ada yang bilang juga dengan PKK Grossmart. Nah apakah sebenarnya PKK Grossmart atau PKK Mart ini?

Sebenarnya, PKK Mart ini, adalah sarana untuk berjualan di RPTRA. Yang bisa dijual bermacam-macam. Dari kudapan, makanan ringan, minuman ringan hingga hasil kerajinan dari ibu-ibu PKK.

Namun dari beberapa kali kunjungan saya ke sejumlah RPTRA, fasilitas ini sepertinya kurang berjalan, meskipun di beberapa RPTRA sudah ada barang yang dijual.

Sewaktu saya berkunjung ke RPTRA Sungai Bambu Kamis 16 Maret 2017 atau siang tadi, ketika berbincang dengan ibu Tumiyanti salah satu pengelola RPTRA Sungai Bambu, ibu ini mengatakan kepada saya bahwa sudah ada yang berbeda dengan PKK Grossmart di RPTRA Sungai Bambu.

Saya yang panasaran kemudian melihat Grossmart yang ditunjukin oleh Bu Tumiyanti. PKK Grossmart ini menyatu dengan ruang pengelola dan perpustakaan di RPTRA Sungai Bambu. Kalau di RPTRA Lain, PKK Grossmart ini terpisah ruangannya. Semacam ada sekat lah gitu.

img-20170316-143253-58cab57b56937317186d6afc.jpg


Bu Tum, memamerkan kepada saya sejumlah sembako yang dijual. Sembako yang dijual tersebut gula pasir, minyak goreng dan beras. Bu Tum ketika memamerkan kepada saya, mengatakan harga sembako yang dijual tersebut lebih murah dibanding yang dijual di mini market yang banyak bertebaran. (Tidak perlu saya sebutkan merknya kan?)

Sekilo gula pasir premium yang dijual di RPTRA Sungai Bambu, harganya hanya Rp 14.700. Beras lima kilo, harganya 60.000. Begitupun minyak goreng 1,8 liter hanya 23.500.

Karena harga yang cenderung lebih murah, bahkan ada beberapa stok barang mulai menipis. Karena menipis, Bu Tum kemudian menunjukkan kepada saya bahwa untuk memesan stok sembako tersebut, tidak perlu repot. Hanya lewat internet.

img-20170316-143542-58cab59fd77a61cb2ef080d3.jpg

Bu Tum kemudian mengambil gadget berupa tablet, dan menunjukkan kepada saya, cara memesan. Aplikasinya berupa web. Setiap RPTRA ada username dan password untuk login.
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline