Lihat ke Halaman Asli

Thomas Jan Bernadus

A Freelance Blogger

RPTRA Tunas Harapan Dibangun di Lahan Bekas Kantor Kelurahan

Diperbarui: 8 Maret 2017   12:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hari Minggu 11 Desember 2016 lalu, saya yang sudah mendapatkan informasi soal Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Krida Serdang  di Jakarta Pusat (sudah saya tuliskan di blog saya tentang RPTRA ini) melalui pengelola RPTRA Harapan Mulya yang berada di Jakarta Pusat juga, berniat pergi ke RPTRA tersebut.

Sayangnya, karena saya tidak tahu alamat persisnya, saya akhirnya berubah pikiran. Saya mau mencari sebuah RPTRA baru di Kelurahan Sunter Jaya, Jakarta Utara. Kebetulan, saya mengetahui nama jalan di mana lokasi RPTRA Tunas Harapan ini. Dengan dibantu aplikasi google maps, saya akhirnya dengan mudah menemukan RPTRA ini.

Letaknya tidak berjauhan dengan Jalan Sunter Kemayoran. Masuk jalan Haji Amsir kira-kira 50 meter, sudah bertemu dengan RPTRA ini. Motor pun saya parkir di depan RPTRA karena saya lihat ada beberapa sepeda motor yang diparkir.

Selesai parkir, saya langsung kembali ke depan RPTRA. Ngapain? Mau ambil foto Signage atau plang RPTRA TUNAS HARAPAN yang terbuat dari Besi Baja. Mirip signage di RPTRA Kampung Benda (yang sudah saya tulis sebelumnya).

RPTRA-Tunas-Harapan-26.jpg

Masuk ke RPTRA Tunas Harapan, saya langsung bertemu dengan tanaman hias. Ketika saya berkunjung, masih ada kayunya agar tidak roboh. Di sebelah Pintu Masuk, ada lantai pijat refleksi. Sorang bapak-bapak yang sudah tua saya lihat sedang asik menginjak-injak lantai pijat refleksi tersebut.

RPTRA-Tunas-Harapan-47.jpg

Menurut pengakuan bapak ini, hampir setiap hari dia datang ke RPTRA. Ingin lebih sehat katanya. Dari sekian kunjungan saya ke RPTRA, satu lagi saya temukan bahwa yang memanfaatkan RPTRA bukan hanya anak-anak, tetapi orang tua juga.

Dari Pintu masuk RPTRA juga, kita langsung akan menemui lapangan bulutangkis dan ampitheater. Lapangan bulutangkis terbuat dari beton. Bercat warna abu-abu, khas RPTRA yang dibangun dengan menggunakan APBD. Di sekeliling Lapangan Bulutangkis, ada jogging track yang setelah saya telusuri, ternyata mengelilingi sampai bagian belakang dari RPTRA.

RPTRA-Tunas-Harapan-27.jpg

Di bagian depan RPTRA juga, saya melihat ada tanaman obat keluarga atau toga dan kolam gizi. Biasanya, di RPTRA lain, kolam gizi ini di bagian belakang. Tetapi di RPTRA Tunas Harapan Sunter Jaya ini, ada di bagian depan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline