Lihat ke Halaman Asli

Dibalik Sikap Kalemnya, Ternyata Jokowi Bisa Ngamuk

Diperbarui: 16 Mei 2016   20:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bapak Presiden Jokowi dikenal memiliki sifat yang kalem dan santun, serta memiliki selera humor yang cukup tinggi ketika di hadapan publik. Seringkali dia tampak sering bergurau dan tidak mudah marah ketika banyak yang mengkritik kebijakannya. Namun, sebagai manusia yang memiliki batas kesabaran ternyata Bapak Jokowi juga bisa marah meledak-ledak jika melihat bawahannya yang bekerja lelet dan tidak sungguh-sungguh. Berikut adalah momen ketika Bapak Jokowi ngamuk pada bawahannya:

-Jokowi marah usulan kenaikan mobil pejabat tak dibahas dalam rapat terbatas.

Dalam rapat terbatas yang dilakukan pada tahun 2015, Bapak Jokowi mengaku bahwa dalam rapat cabinet kerja tidak membahas kenaikan tunjangan uang muka kendaraan untuk pejabat negara. Menurutnya ketika berkaitan dengan uang negara yang banyak seharusnya disampaikan dalam rapat terbatas, jadi bisa dikaji bersama supaya bisa mendapatkan keputusan terbaik mengenai tunjangan uang muka kendaraan untuk pejabat negara karena menurutnya ditengah kondisi saat ini kebijakan kenaikan tunjangan mobil pejabat negara bukan keputusan yang paling tepat jika melihat kondisi ekonomi yang kurang baik dan alasan keadilan.

-Jokowi kesal target dwelling time di pelabuhan tanjung priok tak sesuai.

Ketika melakukan blusukan ke Tanjung Priok, Jakarta Utara Jokowi mengaku kecewa dengan pembangunan waktu tunggu container di pelabuhan yang biasa disebut Dwelling Time. Dengan nada suara marah Presiden Jokowi mengkritik pelayanan yang sangat lambat yang menimbulkan Truk kontainer bisa memiliki waktu tunggu selama 5-7 hari padahal itu bisa dilakukan 3-4 hari.

-Presiden Jokowi ngamuk karena 80%  kapal di Indonesia dari impor.

Bapak Presiden Jokowi ngamuk ketika mengetahui bahwa industry perkapalan Indonesia masih sangat bergantung dari produk impor. Jokowi merasa tersinggung karena Indonesia merupakan negara maritime dan tentunya kapal merupakan sektor yang seharusnya menjadi keunggulan Indonesia. Dengan fakta yang ada, maka Presiden Jokowi memerintahkan kepada Staffnya untuk menggentikan mengimpor kapal dari luar negeri supaya mendorong produksi kapal lokal. “saya katakana, Kapal idak boleh impor lagi! Kebiasaan impor juga tidak sustainable. Kita harus mengandalkan produk dalam negeri!”tegas jokowi.

-Jokowi marah besar saat sidak, PNS main game.

Ketika menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, Jokowi pernah ngamuk ke Pelayanan Terpadu Satu Pintu Jakarta Timur.  Penyebab kemarahan Jokowi saat itu karena pada saat menanyakan bagaimana input data ke database ternyata komputer di-password dan tidak bisa dibuka karena password hanya diketahui oleh Kepala Dinas dan parahnya lagi Kepala Dinas tidak ada di tempat padahal bukan hari libur atau sedang istirahat. 

Selain itu hal yang paling membuat Jokowi naik pitam ketika melihat salah satu komputer pada bagian staff yang sedang menyala terlihat sedang memainkan game. Tanpa basa-basi Jokowi langsung pergi dari PTSP Jakarta Timur dengan muka yang terlihat marah sambil berkata pada asisten pribadinya.”Vid, catat nama orang-orang yang tadi” kata jokowi.

lima momen diatas adalah momen yang membuat seorang seperti Jokowi ngamuk.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline