Lihat ke Halaman Asli

Sugi362

Abah Odon

Manfaat Dan Khasiat Dari Daun Bungur Kecil Bagi Kesehatan

Diperbarui: 30 Desember 2015   16:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Bungur Kecil yaitu tanaman yang disebut termasuk dalam type perdu dengan tinggi 2-7 mtr. yang datang dari benua asia lebih tepatnya dari negera cina serta korea. Warna pohonnya coklat seluruhnya mengkilap halus dengan bentuk cabang yang melengkung. Daun berwarna hijau tua berupa elips dengan panjang 2-7 mtr. lebar 1-4 cm bertangkai tak panjang tengah ujung tumpul dan bertepi rata. Bunga tanaman itu berwarna-warni dari warna putih, merah, juga ungu. Bungur Kecil umum tumbuh liar di tebing-tebing yang tinggi serta di beberapa pinggir rimba.

Kandungan Zat Pada Daun Tanaman Bungur Kecil :
- Decinine
- lagerine
- decamine
- lagerstroemine
- dihydroverticillatine
- decodine
Tanaman, obat, herbal, manfaat, faedah, disentri, eksim,

Manfaat Serta Faedah Daun Bungur Kecil :

- Juga sebagai Obat Disentri
Langkah Pertama :
20 gr daun bungur kecil di rebus dalam 3 gelas air bersih sampai berkurang hingga setengahnya lalu disaring serta dinginkan baru dapat diminum 3 kali satu hari dengan ukuran 1/2 semasing minum.
Langkah Ke-2 :
30 gr daun bungur kecil ditambah 15 gr patikan kebo di rebus dengan 400 cc air hingga tinggal setengahnya lantas saring serta minum airnya.

- Juga sebagai Obat Sakit Kuning serta Hepatitis
15 gr daun bungur kecil beserta 15 gr akarnya di rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas saja lantas dinginkan baru disaring serta airnya itu diminum untuk 2 kali minum pagi serta sore masing2 1/2 gelas (dapat ditambahkan madu apabila sukai).

- Untuk Obat Eksim
Rebus daun bungur kecil sekedarnya lebih kurang 15 menit hingga mendidih lantas diamkan hingga panas turun jadi hangat-hangat kuku serta pakai airnya untuk bersihkan sisi badan yang tengah terserang eksim.

- Untuk Obat Radang Payudara
Ambillah lah daun dari tanaman Bungur kecil sekedarnya saja lantas tumbuk sampai halus lalu tempelkan pada tempat yang di rasa sakit.

- Obat Sakit Busung Air (Ascites)
Sakit itu yaitu sakit yang lantaran oleh permasalahan pada hati serta ginjal hingga mengakibatkan cairan mengumpul pada rongga perut dengan tanda sinyal dinding perut menonjol dan keras serta terlihat mengkilat. untuk mengobatinya rebus 30 gr daun bungur kecil ditambah 30 gr pegagan, serta 60 gr akar tapak liman ke 800 cc air hingga tersisa seputar 400 cc lantas saring serta minumlah airnya 2 kali minum dengan ukuran 200cc semasing minum.

PERINGATAN!!!
Untuk Beberapa Wanita yang tengah dalam kondisi memiliki kandungan atau tengah hamil dilarang konsumsi air rebusan dari tanaman obat bungur kecil itu karena bisa menggangu perubahan janin pada rahim.

source:

Toko Bunga Lakar Santri Surabaya 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline