Lihat ke Halaman Asli

Boris Toka Pelawi

TERVERIFIKASI

.

Jokowi Segani Mahfud MD, Rocky Gerung Ajak Gabung KAMI

Diperbarui: 9 September 2020   15:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

jatimtimes.com

Judul tulisan ini adalah pernyataan Rocky Gerung yang dia ucapkan lewat channel youtubenya. Bagi Rocky Gerung Profesor Mahfud MD adalah seorang intelektual papan atas di negara ini. Menurut Rocky Mahfud MD pasti rindu untuk berdiskusi dengan kebebasn intelektualitas tanpa terkungkung jabatannya saat ini.

Jadi Mahfud itu ingin keluar dari situ sebetulnya, karena itu dia kangen untuk memakai term yang dipakai dulu bahwa malaikat bisa jadi iblis kalau masuk kekuasaan," kata Rocky Gerung.

Bahkan lebih jauh, Rocky yakin jika tak menjadi menkopolhukam Mahfud MD akan menjadi deklarator KAMI.Betulkah ucapan Rocky tersebut.Rasanya mustahil jika Mahfud MD akan meninggalkan pemerintahan.Alasan pertama, Mahfud adalah sosok yang disegani Jokowi.Itu sebab Jokowi sempat memilih Mahfud sebagai cawapresnya waktu itu.Sayangnya gagal.

Alasan kedua, Jokowi tahu kapasitas Mahfud.Itu sebab dia ditunjuk menjadi menkopolhukam.Dalam banyak sekali kesempatan bisa dilihat, Mahfud MD lah yang sering jadi juru bicara kementerian yang dikordinirnya.Semua persoalan mampu dia jawab berdasarkan ilmu hukum yang dikuasainya.

Tak hanya itu, dalam isu agama dan sosial, Mahfud MD selalu muncul sebagai pencerah yang menyelesaikan polemik sehingga tidak jadi berkepanjangan.Dalam isu HTI dan radikalisme misalnya, Mahfud MD adalah tokoh yang mengecam usaha kelompok tersebut untuk mengganti dasar negara ini.

Alasan ketiga, Mahfud MD bisa saja menanti peluangnya untuk menjadi capres atau cawapres.Mengingat sebelumnya, Mahfud punya perolehan suara yang cukup banyak sehingga masuk 10 tokoh populer dengan elektabilitas yang cukup tinggi.

Alasan keempat, Mahfud MD tidak melihat kebenaran mutlak dalam gerakan pengkritik pemerintah.Itu kenapa sejak belum bergabung dalam pemerintah, Mahfud MD bisa dikatakan mengambil posisi netral.Memuji sekaligus mengkritik pemerintah dengan seimbang.

Alasan kelima, tidak ada keuntungan yang diperoleh Mahfud jika bergabung dengan KAMI.Mengingat KAMI diisi oleh tokoh-tokoh yang tidak memiliki pengaruh secara politik.Sehingga mustahil rasanya jika Mahfud bergabung dalam gerakan itu.

Alasan keenam, Mahfud MD adalah menteri yang tidak mungkin masuk dalam radar reshuffle oleh Jokowi.Alasannya seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya.Hal ini tentu menyangkut kapasitas beliau dan bagaimana Jokowi sangat membutuhkan Mahfud MD dalam banyak pergulatan pikiran.

Mahfud MD menguasai isu hukum, politik dan agama. Sehingga dalam banyak diskusi tertutup Jokowi sangat mengandalkan pemikiran-pemikiran mahfud MD.

Itu sebab saya tidak melihat adanya peluang untuk Mahfud MD keluar dari pemerintahan dan bergabung dengan KAMI.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline