Lihat ke Halaman Asli

Boris Toka Pelawi

TERVERIFIKASI

.

Ulasan Film The Nun, Kehilangan Sisi Mistis Karena Terlalu Seram

Diperbarui: 6 September 2018   09:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

ilustrasi (https://id.bookmyshow.com)

Okey selamat sore bro and sis..

Saya baru saja selesai nonton salah satu film horor yang paling dinanti tahun ini.Judulnya The Nun atau sang biarawati.Sebenarnya saya kurang paham secara detail, apa hubungan antara satu adegan atau satu tokoh dengan sosok serta kejadian lainnya.Karena film ini adalah salah satu film dalam Conjuring Universe.

Begini urutan filmnya agar kalian yang belum nonton juga tidak bingung harus mulai dari mana.Dari urutan rilis film-nya: The Conjuring (2013), Annabelle (2014), The Conjuring 2 (2016), Annabelle: Creation (2017) dan The Nun (2018).Sedangkan kalau urutan secara timeline (rentangan waktu) kisah filmnya: The Nun, Annabelle: Creation, Annabelle, The Conjuring dan The Conjuring 2.

Jadi film The Nun ini kayak prekuelnya.Walaupun tayangnya baru september 2018, tapi secara penceritaan The Nun merupakan spin-off dari sosok setan Valak yang muncul di  The Conjuring 2.Buat yang belum tahu, spin-off adalah penceritaan yang fokus pada karakter pendukung atau sebuah kejadian menarik dalam sebuah film.

Misalnya, kita terbiasa menonton serial Upin dan Ipin,bocah kembar tersebut adalah tokoh utama, tapi karena Jarjit, salah seorang sahabat Upin Ipin cukup menyedot perhatian penonton (scene stealer) maka dibuatlah cerita khusus tentang si Jarjit (spin-off ), begitu kurang lebih artinya.

Oke singkat saja, intinya begini, The Nun ini menceritakan petualangan Suster Irene (Taissa Farmiga), Father Burke (Demin Bichir) dan Franchie (Jonas Bloquet) dalam memecahkan misteri sebuah biara.Kejadiannya berawal saat Franchie, seorang pemuda biasa yang biasa mengantarkan makanan ke biara tersebut menemukan seorang biarawati mati tergantung pada seutas tali.Setelah menemukan mayat biarawati tersebut Franchie sering mengalami mimpi buruk.

Disisi lain, pihak Vatikan, pusatnya gereja katolik, terusik dengan kejadian yang terjadi pada biarawati yang diawal cerita diasumsikan bunuh diri tersebut.Inilah awal petualangan mereka.

Oke langsung saja pada opini saya terhadap film ini:

www.idntimes.com

Dari settingnya, film ini mengambil lokasi di  bekas benteng militer di Rumania.Tampak sekali bahwa cerita Conjuring Universe belum bisa lepas dari jaman kegelapan yang terjadi pada agama katolik.Biara tampak begitu suram dan mencekam.Kehidupan para biarawati yang begitu kaku dan tertutup sangat cocok untuk mendukung nuansa suram dan menegangkan dalam film ini.

Tapi menurut saya adegan diluar gedung biara, di awal-awal cerita, terasa lebih mistis dibandingkan adegan di dalam gedung biara.Saat di dalam gedung biara adegan seramnya lebih mengandalkan Jumpscare.Nuansa yang mencekam, tak terprediksi mulai luntur dengan kebingungan saya tentang jalan cerita filmnya.

Mungkin karena otak saya lemot kali ya...

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline