Lihat ke Halaman Asli

Boris Toka Pelawi

TERVERIFIKASI

.

Tak Bicara di Depan, Bukan Berarti Menusuk dari Belakang

Diperbarui: 15 April 2019   14:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi. Guardians.co.uk

Dalam beberapa kesempatan pasti kita sering mendengar orang yang bilang, ”Kalau saya sih mending langsung tembak aja di depan dari pada nanti ngomongin dibelakang.” Walaupun lahir dengan bahasa yang berbeda, pada intinya ya itulah, seseorang merasa lebih maskulin atau jantan, kalau dia bicara secara blak-blakan di forum ataupun di hadapan seseorang. 

Beberapa orang memiliki persepsi kalau melakukan konfrontasi di muka umum jauh lebih baik dari pada nanti berbicara balik layar (kasus begini biasa terjadi di dunia kerja).

Sebab saya bukan seorang bijaksana, tulisan ini bukan bermaksud bermain di ranah nasehat dan petuah (sama dengan tulisan-tulisan saya sebelumnya). Dengan segala keterbatasan, saya lebih suka bermain di ranah observasi dan pengamatan sederhana. 

Jadi bukan menggurui yang saya ingin lakukan, tapi lebih ke pada menyatakan pendapat untuk sesuatu yang abstrak, selalu dapat diperdebatkan, dan tak memiliki satu kebenaran yang mutlak.

Kembali pada kasus di atas, menurut saya pribadi sih, tak selamanya berbicara di balik layar itu dapat berkonotasi menusuk dari belakang. Setiap orang memiliki alasan tersendiri kenapa dia tak langsung ‘menembak’ kita saat itu juga. Bisa karena takut, segan, malu hingga menjaga perasaan kita.

Lalu bila dia menceritakan soal diri kita ke orang lain, ya sah-sah saja sih, mungkin dia segan untuk menegur kita, jadi dengan bantuan orang yang dirasanya kompeten dia berharap keluh kesah nya soal diri kita bisa tersampaikan dengan baik.

Jadi singkatnya, kalaupun seseorang membicarakan kita di belakang, belum tentu itu menusuk. Bahkan kalau ujung-ujungnya kita ditegur, bisa saja itu sebuah saran atau kritik yang membangun. Kecuali si pelapor mengada-ada ya baru kita marah, tapi kalau hanya sebatas salah paham ya di komunikasikan sajalah, nggak usah emosional juga.

Nah ini hanya sebuah bentuk analisis komunikasi sederhana. Ada beberapa jenis komunikasi lagi yang ingin saya ceritakan plus analisa sederhananya.

1. Bicara ke Arah Kanan, Ditujukan Ke Arah Kiri

Ini sebenarnya masih ada hubunganya dengan dunia sindir menyindir. Ada saja orang yang suka melakukan hal yang beginian, baik itu laki atau perempuan ya sama sajalah. Walaupun jika diartikan, kata sindir ini lebih kepada mengejek sesuatu secara tidak langsung, tapi jika bahasanya di tata dengan baik, bisa diarahkan pada suatu bahasa yang memperingati, bukan mengata-ngatai.

Untuk menangkap pembicaraan yang dibidik ke kanan ternyata menembak ke arah kiri ini dibutuhkan sensitivitas. Di sini rasa lah yang bermain, contoh, sebuah perkataan yang ditujukan pada teman di sebelah kita namun ternyata terasa menembak ke arah kita. Nggak enak sih, nah inilah yang menurut saya dinamakan komunikasi bermata dua. Ngomong kesiapa, nembaknya ke siapa.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline