Lihat ke Halaman Asli

5 Solusi Mengatasi Rekan Kerja yang Sulit untuk Kerja Sama

Diperbarui: 9 November 2018   17:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Karier. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Para pembaca setia TOG, Seperti yang kita tahu tempat kerja bisa jadi hal yang menyebalkan dan penuh tekanan karena tempat tersebut menjadi berkumpulnya beragam kepribadian dan karakter. Tak jarang, ada beberapa orang yang sengaja maupun tidak, merusak tatanan yang sudah nyaman.

Jika Anda seorang karyawan staf, Anda umumnya memiliki pekerjaan atau tugas yang mendesak. Pekerjaan tersebut mungkin makin memusingkan jika melibatkan rekan kerja yang sulit diajak kerja sama. Mohon jangan mengeluh. Perlu Anda ketahui, rekan kerja yang sulit diajak kerja sama merupakan hal lumrah di tempat kerja.

Mungkin bisa disebabkan karena si rekan kerja tersebut takut tersaingi, memiliki banyak pekerjaan, malas, atau merasa lebih senior daripada Anda. Apa yang perlu Anda lakukan untuk menghadapi rekan kerja yang sulit diajak kerja sama tersebut?

Berikut 5 solusi yang bisa Anda ambil ketika bertemu masalah di atas:

1. Menyampaikan permohonan kerja sama Anda

Sampaikanlah permohonan kerja sama Anda. Tidak masalah kalau Anda menyampaikan bahwa dia adalah satu-satunya orang yang tepat membantu Anda karena pengalaman dan keterampilannya. Sebagai contoh, jika Anda bekerja di salah satu startup yang terkenal dan projek Anda perlu bantuan dengan analisa sistem keamanan web yang ternyata ahlinya si rekan kerja tersebut, sampaikanlah bahwa dia yang ahli dalam bidang tersebut.

Tujuannya adalah ajak dia dengan bahasa yang sopan dan beri dia alasan mengapa dia penting dalam pekerjaan tersebut. Tawarkan juga bila Anda siap membantu si rekan kerja tersebut bila dibutuhkan.

2. Utarakan pentingnya pekerjaan Anda

ketika Anda mengutarakan pentingnya pekerjaan Anda. Kaitkan kepentingan tersebut dengan produktivitas, keselamatan kerja, dan reputasi divisi Anda berdua. Sampaikan juga tenggat waktu pekerjaan tersebut agar si rekan kerja memahami urgensinya.

Saat mengutarakan pentingnya pekerjaan Anda, pilih bahasa yang akrab. Jangan pula membawa-bawa otoritas atasan atau wewenang Anda karena kemungkinan besar si rekan kerja akan menilai Anda yang bukan-bukan.

3. Tanyakan kapan bisa untuk segera mulai

Ketika Anda sudah menyampaikan permohonan kerja sama, tanya kapan dia bisa memiliki waktu untuk segera membantu pekerjaan Anda.

Bersabarlah jika waktu yang dia berikan di luar perkiraan Anda, misalnya dua jam sebelum pulang. Sampaikan ucapan terima kasih Anda akan waktu tersebut kepada si rekan kerja.

4. Buat komitmen dengan dia secara persuasif

Setelah mengetahui kapan dia bisa bekerja sama dengan Anda, buat komitmen dengan dia secara persuasif (membujuk secara halus). Sampaikan kepada dia bahwa Anda sudah mencatat waktu yang dia alokasikan. Informasikan pula bahwa Anda akan membuat pengingat (misalnya via email) sehingga Anda berdua tidak lupa.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline