Selamat hari Jumat ya sobat TOG, kalian pasti sering mendengar istilah tentang generasi y dan generasi z bukan ? Kebetulan di artikel hari ini kita akan coba bahas kesalahan apa saja yang dilakukan dari generasi millennials tersebut.
Generasi Y atau yang dikenal sebagai Generasi millennial adalah orang-orang dengan tahun kelahiran 1981-1994, sedangkan Generasi Z dimulai dari tahun 1995-2010.
Generasi Z sudah mulai memasuki dunia kerja dan banyak melamar di berbagai perusahaan ternama. Generasi ini dianggap cepat tanggap dengan teknologi baru, mudah beradaptasi dan multitasking. Namun, sangat penting bagi mereka untuk menghindari kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan millennials di perusahaan.
Millennials adalah generasi yang paling lekat dengan teknologi dan mereka adalah prosentase terbesar populasi tenaga kerja sekaligus pencari kerja.
Dan berikut ini 7 kesalahan yang dilakukan oleh generasi millennials ketika dalam dunia kerja:
1. Enggan meminta maaf atau bahkan terlalu banyak meminta maaf
Anda harus selalu bersedia mengakui kesalahan apabila setiap kali itu terjadi. Bertanggung jawab atas tindakanmu sendiri adalah kunci pembuktian bahwa dirimu memang layak dimaafkan.
Karena dengan kata maaf berarti kita sudah mengerti kesalahan yang telah kita lakukan.
2. Ingin cepat-cepat meninggalkan kantor
Sebenarnya nggak cuma millennial yang sering melakukan hal ini. Sebagian besar karyawan di berbagai perusahaan juga melakukan tindakan serupa. Mereka ingin terkesan dapat menyeimbangkan kehidupan antara pekerjaan dan pribadi.
Namun, sayangnya terkadang pulang selalu tepat waktu menunjukkan mereka kurang passionate terhadap pekerjaannya. Nggak ada salahnya untuk tetap stay selama 15 hingga 30 menit dari jam pulang yang seharusnya sambil tunggu kemacetan agak sedikit mereda.
3. Terlalu bergantung pada chat di segala kondisi
Generasi Millennials sangat suka sekali chatting. Walaupun kadang cara berkomunikasi yang paling efisien memang dengan chat, banyak rekan kerja dan klien yang lebih memilih e-mail, telepon atau pertemuan langsung.
Anda juga perlu mengembangkan kemampuan berbincang secara profesional melalui telepon maupun secara langsung.