Menulis e-mail bukanlah perkara yang mudah, terutama bagi kamu yang mungkin baru pertama kali menulis surat lamaran kerja berupa e-mail terkait lamaran pekerjaan atau mencari rekan bisnis.
Kamu harus memperhatikan tiap detail tulisan agar e-mail yang kamu tulis bisa diterima dan dipertimbangkan oleh orang yang menerimal e-mail tersebut. Pemilihan kata serta tanda baca harus diperhatikan untuk menunjukkan sikap profesionalitas dalam bekerja.
Sekarang ini, trennya pengiriman surat lamaran secara online dengan e-mail. Nah, setelah surat lamaran kerja tersebut dikirimkan, kini saatnya menunggu balasan dari perusahaan yang dituju tersebut.
--
Namun, apa yang terjadi ketika surat lamaran kerja Anda itu tak pernah dibalas. Berhari-hari bahkan berminggu-minggu sampai berganti bulan, Anda belum juga mendapatkan balasan dari surat lamaran itu.
Bisa jadi, mungkin disebabkan oleh hal dibawah ini:
1. Apakah Anda Menggunakan Kata-Kata yang Tidak Baik?
Saat menulis surat lamarankerja, usahakan untuk menggunakan kata-kata yang formal. Pihak perusahaan bukanlah teman Anda sehari-hari. Mereka adalah pihak yang harus dihormati. Penggunaan kata-kata seperti Hi, Bro, dan Aku, sebaiknya dihindari. Sebab, kata-kata tersebut dianggap tidaklah sopan untuk melamar pekerjaan.
Apabila ternyata surat lamaran kerja Anda ini belum mendapat balasan hingga saat ini, bisa jadi ada yang salah dengan penyusunan kata-kata atau kalimat dalam surat lamaran itu. Lebih baik coba buka kembali surat lamaran yang pernah Anda kirim itu dan lihat apakah ada kesalahan yang telah Anda lakukan.
Kesalahan utama yang seringnya terjadi adalah pernyataan tidak sopan dan terkesan lancang. Ungkapan ini biasanya terdapat pada bagian pembukaan, isi, maupun penutup, dari surat lamaran.
2. Apakah Pengejaan Kata Ada yang Salah?
Sewaktu mengetikkan suatu kata-kata, bukan tidak mungkin ada kesalahan mengejanya. Sebuah kata yang seharusnya "tapi' berubah menjadi "taoi". Hal typo writing seperti ini sering kali terjadi mengingat peletakkan huruf "p" dan "o" saling berdekatan.
Hal lain yang kerap membuat kita salah mengetikkan abjad adalah karena pengetikan dalam waktu yang singkat dan cepat. Maka, salah mengeja pun tak bisa dihindari. Oleh karena itu, periksa kembali surat lamaran kerja tersebut sebelum Anda benar-benar mengirimkannya ke perusahaan yang dituju.