Lihat ke Halaman Asli

Si Semut dan Si Gajah

Diperbarui: 29 Januari 2023   18:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Pada suatu hari, di sebuah hutan rimba terdapat pasukan semut yang sedang bekerjasama yaitu gotong royong untuk mencari makanan. Pada suatu saat, tibalah si gajah dan dengan lantangnya dia mengejek para semut-semut itu karena bertubuh kecil, dan dengan sombongnya si gajah membangga-banggakan dirinya yang bertubuh besar dan kuat, sehingga dia bisa kapan saja menginjak-injak para semut-semut itu, pikirnya. 

Para semut-semut pun tidak memperdulikan ucapan si gajah tersebut dan lanjut bekerja untuk mencari makanan. Dan si gajah pun merasa marah karena omonganya hanya diabaikan oleh para semut, kemudian si gajah mengambil air melalui belalainya yang panjang, lalu dia menyemburkannya ke para semut-semut yang sedang bekerja.Para semut berusaha untuk tidak marah karena omongannya si gajah tadi, namun si gajah sekarang malah lantang melakukan hal yang tidak pantas untuk di lakukannya. Kemudian si gajah pun tertawa karena dia kira dia sudah menang, namun ternyata dia salah besar. 

Para semut pun marah karena si gajah yang sangat sombong itu dan dia juga sudah keterlaluan oleh apa yang sudah diperbuatnya.Tiba-tiba para semut datang menghampiri si gajah dan masuk ke dalam belalainya si gajah ,karena tubuhnya yang kecil para semut pun dengan mudahnya masuk ke dalam belalainya si gajah dan kemudian para semut pun menggigiti kulit dalam si gajah, dan si gajah pun merasa kesakitan dan berusaha mengeluarkan para semut-semut itu yang terus menggit si gajah, namun hasilnya nihil. karena si gajah sudah merasa sangat kesakitan dia pun akhirnya meminta ampun kepada para semut-semut itu. Seperti biasa si semut akan memaafkannya dan si gajah pun menyesal karena sudah meremehkan para semut-semut itu. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline