Lihat ke Halaman Asli

Ajeng Leodita Anggarani

TERVERIFIKASI

Karyawan

Menikmati "Me Time" bersama Koteka

Diperbarui: 18 September 2023   00:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://seputartikel.com/

Berdasarkan laporan The Least and Most Stressful Cities Index 2021, Jakarta berada di urutan ke 9 dari 10 kota paling stress dunia.

Tak bisa dipungkiri, memutuskan untuk berkarier di Jakarta membuat saya sulit punya waktu untuk "meliburkan" diri. Senin sampai Jumat, 7 pagi -- 6 sore adalah waktu yang saya habiskan untuk bekerja. Macet dan polusi adalah makanan sehari-hari. Saya harus menempuh perjalanan 1,5 jam untuk berangkat dan 1,5 jam untuk pulang ke rumah. Kadang, tenaga dan mood kerja sudah habis saat sampai di kantor.

Sabtu dan Minggu adalah harinya keluarga. Bagi keluarga kecil kami, family time tidak selalu merujuk pada membuat acara di luar rumah. Anak pertama saya masih ada pelajaran tambahan dan ekskul. Mungkin karena dia lelah, sehingga kurang semangat di ajak keluar rumah. Belum lagi jika salah satu dari anak-anak ada yang sakit. Akhir pekan adalah waktu yang tepat untuk berobat.

Kadang, saya ingin punya waktu untuk me time. Sejenak melepaskan diri dari urusan rumah tangga. Bukan saya bosan, tapi sebagai manusia yang sibuk selama satu minggu penuh kita butuh waktu untuk me-reboot otak. Hal ini berguna untuk menjaga kesehatan mental dan meningkatkan produktivitas.

Gayung bersambut.

Iseng membuka halaman TEMU di Kompasiana. Saya malah menemukan salah satu komunitas yang istilahnya "gue banget". Tanpa pikir panjang langsung saya klik fitur join. Apa sebab?

Saat itu Koteka atau Komunitas Traveler Kompasiana mengadakan event Walking Tour Museum yang bekerjasama dengan Komunitas Wisata Jakarta.

Saya sangat suka kunjungan museum. Sejak dulu saya punya mimpi bisa berkunjung ke seluruh museum di Indonesia. Bagi saya museum adalah tempat untuk mendekatkan diri pada sejarah. Belajar dari buku sejarah saja rasanya belum cukup jika tidak melihat langsung benda-benda yang mengikuti perjalanan sejarah itu sendiri.

Lokasi pertama tujuan kunjungan bersama Koteka hari itu yaitu, Museum Perumusan Naskah Proklamasi (MPNP) yang terletak di Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat. Di sana saya bertemu Mbak Ira Latif sebagai perwakilan dari Koteka. Kami dibagi menjadi beberapa kelompok. Tiap kelompok dipimpin oleh seorang Tour Guide, sehingga kami mendapatkan penjelasan lebih dari sekadar tulisan-tulisan yang tertempel pada benda-benda sejarah di dalam sana.

Koleksi Pribadi / Ajeng Leodita

Semula MPNP adalah rumah Laksamana Tadashi Maeda. Saya bisa merasakan euphoria saat berada di dalamnya. Bangunan itu menjadi saksi bagaimana Bung Karno dan Bung Hatta juga tokoh-tokoh lain mengupayakan realisasi proklamasi kemerdekaan bangsa ini. Walau sempat mengalami diskusi alot antara golongan tua dan golongan muda, akhirnya di 17 Agustus 1945 proklamasi itu dikumandangkan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline