Lihat ke Halaman Asli

Taqilla NK

mahasiswa

Self Diagnose

Diperbarui: 20 September 2022   20:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

self diagnose, apa itu self diagonose? Apa Dampak buruk dari self diagnose? Dan Bagaimana cara mengatasi self diagnose?. kali ini kita akan membahas tentang self diagnose.

PENGERTIAN SELF DIAGNOSE:

Self diagnose berasal dari kata self dan diagnosis, yang menurut KBBI diagonosis berarti "penentuan jenis penyakit dengan cara meneliti (memeriksa) gejala-gejalanya", sedangkan self adalah sebuah kata yang diambil dari bahasa inggris yang memiliki arti "diri sendiri". 

Dari sini dapat disimpulkan bahwa self diagnose adalah suatu cara seseorang/ individu berasumsi bahwa dirinya seolah-olah tahu jika dirinya terkena penyakit atau pun tidak, atau dalam artian lain dia merasa seolah-olah tahu tentang masalah kesehatan pribadinya dan mediagnosis diri sendiri tanpa bantuan ahli. 

Self diagnose kadang terjadi saat beredar gambar ataupun narasi di berbagai media sosial yang tanpa sengaja membentuk suatu gejala-gejala perilaku suatu individu yang memunculkan bahwa individu memiliki berbagai gejala.

SELF DIAGNOSE MENURUT WHITE AND HORVITZ

- Self diagnose menurut Menurut White dan Horvitz (2009) self diagnose adalah upaya memutuskan bahwa diri sedang mengidap suatu penyakit berdasarkan informasi yang diketahui.

DAMPAK SELF DIAGNOSE TERHADAP KESEHATAN MENTAL SESEORANG

Adapun dampak self diagnose terhadap kesehatan yaitu:

-akan menyebabkan gangguan terhadap kejiwaan seorang individu dan akan merugikan terhadap dirinya sendiri jika gangguan tersebut sampai menjadi penyakit akut

- kesalahan mendiagnosa ini akan sangat berbahaya apalagi ketika seorang individu salah untuk menanganinya, karena akan berpengaruh besar terhadap kesehatan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline