Lihat ke Halaman Asli

TEmpowerment, Program Pengembangan UMKM Produksi Tempe Desa Tlemang

Diperbarui: 24 Juli 2024   12:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pribadi

A Strong Economy Begins With A Strong, Well-E  ducated Workforce

UMKM produksi tempe Desa Tlemang adalah badan produksi yang memfokuskan dalam proses produksi tempe pada Desa Tlemang. Badan UMKM ini dijalankan oleh organisasi wanita pada Desa Tlemang yang bernama Muslimat. UMKM produksi tempe Desa Tlemang sudah berdiri dan berjalan sejak tahun 2018 dan sudah melakukan produksi selama 6 tahun. Tim BBK 4 Universitas Airlangga Tlemang mengharapkan potensi pengembangan UMKM tersebut melihat tingkat kecakapan sumber daya manusia yang dimiliki sudah cukup baik di bidang produksinya.

Dokumentasi Pribadi

Meskipun sudah berjalan selama 6 tahun, UMKM produksi tempe di Desa Tlemang masih belum memiliki struktur organisasi internal yang jelas dan belum ada pembukuan yang baik. Hal tersebut mempengaruhi tingkat efektivitas produksi dan dapat memperbanyak komplikasi yang dapat terjadi pada lokasi kerja. Program kerja unggulan kami yaitu TEmpowerment memiliki tujuan untuk mendampingi dan mengontrol berjalannya UMKM produksi tempe Desa Tlemang. Selain hal tersebut, Tim BBK 4 Universitas Airlangga Tlemang membantu Muslimat membentuk struktur organisasi dan membuat pembukuan untuk UMKM produksi tempe Desa Tlemang.

Tiap minggu selama 4 hari kami melakukan pengarahan dan membantu proses produksi tempe dari pembersihan biji kedelai hingga proses pengemasan produk. Selain melakukan pendampingan produksi, kami juga membenahi struktur organisasi internal dengan cara membentuk struktur organisasi yang baik dan menentukan orang yang tepat di tiap posisinya. Tim BBK 4 Universitas Airlangga Tlemang juga membentuk pembukuan yang dapat digunakan oleh Muslimat sebagai pedoman dalam pembukuan mereka di masa yang akan datang.

Dokumentasi Pribadi

Kelancaran setiap kegiatan BBK 4 Universitas Airlangga Tlemang tentunya tidak luput dari kerja sama semua pihak yang terlibat. Sedikit banyaknya pengaruh yang telah dibuat oleh Tim BBK 4 Universitas Airlangga Tlemang diharapkan dapat memperlancar kegiatan UMKM produksi tempe Desa Tlemang. Penulis mengucapkan terima kasih yang sebanyak-banyaknya kepada Muslimat yang berkenan untuk berbagi ilmu bersama Tim BBK 4 Universitas Airlangga Tlemang. Terima kasih juga disampaikan kepada Ibu Dini selaku Dosen Pembimbing Lapangan dan rekan-rekan mahasiswa BBK 4 Universitas Airlangga Tlemang, Ngimbang, Lamongan dengan anggota  Dyatiara Wulandari (FK), Amajanti Daniswara (FF), Amalia Ramadhanti Wibowo (FISIP), Bagas Marliansyah Putra (FISIP), Vessel Ballan (FST), Eva Putri Ramdhani (FKM), Aprilia Eka Riyani (FKp), Adhelia Nur Aniesha (FEB), Muhammad Naufal Rabbani Zaki (FV) Nabiila Nur Latifa (FV)

Penulis : Vessel Ballan, Aprilia Eka Riyani




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline