Lihat ke Halaman Asli

TJIPTADINATA EFFENDI

TERVERIFIKASI

Kompasianer of the Year 2014

Bagi Saya Reuni adalah Sesuatu yang Menakutkan

Diperbarui: 27 Juli 2015   11:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Mengapa Reuni Begitu Menakutkan ?

Reuni artinya berkumpul dengan teman teman lama. Reuni merupakan suatu yang yang sangat di nanti nanti oleh banyak orang. Untuk dapat hadir dalam reuni, orang tidak segan meliburkan diri dan menghabiskan dana entah berapa banyak. Hanya untuk bisa bertemu teman teman lama.

Hal positifnya adalah menunjukkan bahwa sebuah persahabatan itu bernilai jauh lebih tinggi dari pada jumlah dana yang akan dikeluarkan untuk biaya perjalanan pulang pergi. Akomodasi dan belum lagi kalau datang berdua dengan suami atau istri. Disamping pengeluaran secara finansial,tak kurang pengorbanan yang harus dilalui.Antara lain adalah mengajukan permohonan cuti bagi yang bekerja dan menunjuk orang sebagai penganti bagi yang memiliki usaha sendiri. Namun,untuk dan atas nama reuni, apapun dilakukan, Yang penting bisa ketemu teman teman.

Bagi Saya Reuni Menakutkan

Saya adalah salah satu dari 240 juta orang Indonesia. Tak punya jabatan apapun. Dalam kata lain, saya bukan siapa siapa. Tentu saja, saya juga memiliki keiingian untuk bisa bersua dan bernostalgia dengan teman teman sekolah SMP dan SMA ,serta teman teman sewaktu kecil lainnya,

Namun ,karena berbagai alasan, antara lain,karena kepindahan kami ke Australia sejak sepuluh tahun lalu, maka hingga saat ini, belum pernah dapat kesempatan untuk hadir dalam reuni teman teman lama.

Awal tahun 2015, saya dan istri menyempatkan diri untuk pulang ke Padang Saya mencoba menghubungi salah satu teman sma kami.Akhirnya bertemu dengan Sofyan,teman SMA saya Saya utarakan maksud saya untuk mengundang teman teman ,dalam reuni sederhana.

Saya mengawali dengan pertanyaaan”” Sofyan.teman teman kita yang ada di Padang ,kira kira ada -100 orang? “

“Maksud anda teman teman yang mana?” koq malah Sofyan balik nanya

“Yaa, teman teman sekolah kitalah.. koq malah balas nanya ?” jawab saya agak heran ,sakan sikap Sofyan.

“Hmm… Sofyan menghela nafas panjang….termenung dan mulai bicara pelan, namun mengejukan saya.:” Anda mau reuni dengan orangnya atau dengan arwah mereka?”

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline