Lihat ke Halaman Asli

TJIPTADINATA EFFENDI

TERVERIFIKASI

Kompasianer of the Year 2014

Hidup Sudah Mapan? Tetaplah Membumi

Diperbarui: 15 September 2024   08:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi pribadi 

Agar Hidup Kita Selamat 

Bila cita cita hidup sudah jadi kenyataan dan hidup sudah mapan,maka tentu saja melambungkan rasa syukur kita kepada Tuhan. Tetaplah hidup membumi. Hindari pamer diri dengan membelanjakan uang untuk hal tak berguna, hanya untuk show bahwa diri kita mampu. 

Ada pribahasa mengatakan:"Bayang bayang sepanjang badan" Mungkin terkesan sudah kuno, tetapi sesungguhnya masih tetap up to date sepanjang hayat.

Frasa "bayang-bayang sepanjang badan" adalah sebuah kiasan atau metafora yang biasanya digunakan untuk menggambarkan seseorang yang berada dalam keadaan kekurangan atau kesulitan finansial. Metafora ini menggambarkan bahwa bayangan seseorang menjadi sangat panjang karena ia tidak memiliki cukup uang untuk membeli pakaian yang sesuai dengan ukuran tubuhnya, sehingga bayangan badannya menjadi panjang.

Dalam konteks ini, kiasan tersebut mengingatkan kita untuk hidup secara seimbang dan menghindari perilaku boros. Kita tidak boleh memboroskan apa yang kita miliki saat ini karena tidak ada yang dapat memastikan apa yang akan terjadi di masa depan 

Seperti yang sudah pernah saya posting, kami bisa saya setiap hari makan di restaurant. Karena kami berdua sudah tidak punja tanggungan , sehubungan anak anak sudah mandiri.

Tetapi kami selalu membiasakan hidup sederhana. Sarapan dirumah dan ke pantai ataupun ke Taman, selalu bawa bekal dari rumah. Sekaligus bawa thermos air panas untuk ngopi. 

Bukan karena pelit, tapi menjaga agar jangan sampai terjadi Kami terjerumus dalam zona keamanan dan kenyamanan.

Tetapi bila ada teman teman yang datang dari Indonesia, pasti kami ajak makan di restaurant 

Renungan kecil di awal musim semi..

Tjiptadinata effendi 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline