Lihat ke Halaman Asli

TJIPTADINATA EFFENDI

TERVERIFIKASI

Kompasianer of the Year 2014

Jangan Anggap Sepele Semua Hal

Diperbarui: 20 Maret 2023   20:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi pribadi tjiptadinata effendi

Dapat Berakibatkan Mempersulit Diri Sendiri

Percaya diri ,bukan hanya baik,tapi sangat di perlukan dalam menjalani hidup ini.  Orang yang kehilangan rasa percaya diri,berarti hidupnya sudah berakhir sebelum kematian sesungguhnya datang menjemput. Tetapi bila rasa percaya diri melambung terlalu jauh,sehingga secara tanpa sadar menjadi over confidence,berpotensi terjadinya petaka bagi diri.Salah satunya,adalah mengganggap remeh semua hal . Yang :dapat mengakibatkan terjadinya hal hal yang akan mempermalukan diri sendiri.

Secara khusus ,sebelum melakukan travelling keluar negeri,setidaknya pahami secara garis besarnya,apa saja yang berbeda dengan di negeri kita . Kita ambil contoh,hal yang tampak sangat sepele,yakni ke toilet. Kalau ke mall ,tidak menjadi masalah,karena pada umumnya toiletnya mirip dengan suasana di tanah air kita.

Tetapi ada tempat dimana ,toiletnya sudah dalam dibangun secara electronik.  Mau masuk,tinggal tekan tombol hijau. Pintu terbuka dan kita sudah boleh masuk. Lampu akan menyala otomatis. Sesaat kemudian pintu menutup dengan sendirinya,tapi belum terkunci. Maka perlu menekan tombol :"lock" yang berwarna merah.Bila buru buru "in action"  ,jangan kaget bila tiba tiba pintu terbuka dan ada orang lain nyelonong masuk. Karena bila tombol merah belum ditekan,maka dari luar,lampu hijau menyala ,pertanda :"kosong".

Tetiba terdengar suara keras :"You have maximum 10 minutes .And after that the door will open automatically " .Anda punya waktu maksimum 10 menit dan setelah itu pintu akan terbuka secara otomatis. Jadi jangan sampai keasyikan,sedang in action,terus asyik baca pesan WA. dan tetiba pintu terbuka otomatis .

Setelah selesai semua urusan, tetiba lupa gimana mau keluar ?  Tidak ada grendel pada pintunya. Di dorong dorong,pintu bergeming. Mau teriak minta tolong ?  Malu kan ? Makanya tenang. Baca tulisan didinding :"To open the door,push the Green Bottom " 

dokumentasi pribadi tjiptadinata effendi

Mau Cuci Tangan Ternyata Kran Tidak ada ?

Usai pekerjaan khusus tersebut,tentu perlu cuci tangan  Eee ternyata tidak ada kran.putar sana putar sini,air tak kunjung keluar. Mau keluar dengan tangan kotor ? Malu ah.  Makanya baca dulu. Cukup scan telapak tangan dan air akan mengalir .Terus selesai mencuci tangan,masukkan tangan kedalam tempat pengeringan tangan yang ada disana.

dokumentasi pribadi tjiptadinata effendi

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline