Lihat ke Halaman Asli

TJIPTADINATA EFFENDI

TERVERIFIKASI

Kompasianer of the Year 2014

Merayakan 8 Tahun Bergabung dengan Kompasiana

Diperbarui: 20 Oktober 2020   19:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

ilustrasi : stock.adobe. com

5.112 Artikel Dalam 2,920 Hari

Bulan Oktober 2020 tepat 8 tahun saya bergabung di Rumah Besar Kita Bersama yang bernama KOMPASIANA. Sebenarnya tanggal yang tepat adalah tanggal 14 Oktober 2012 saya mulai bergabung.  

Rencana awal One day one article sudah terpenuhi. Dan kemudian target saya naikkan menjadi "One Day 2 Article". Jadi seharusnya kalau dikalkulasi, 8 tahun berarti 8 x 365 hari = 2.920 hari. 

Jadi seharusnya bulan Oktober ini total tulisan yang sudah terposting adalah 2.920 x 2 = 5.840 artikel. Tapi ternyata hingga hari ini, saya hanya mampu mencapai 5.112 Artikel. Berarti masih jauh lagi dari jumlah yang saya targetkan. 

Tapi saya menghibur diri, walaupun target tidak tercapai tapi setidaknya saya sudah mampu mengalahkan diri sendiri dengan menuangkan minimal satu tulisan dalam sehari selama 2.920 hari . 

Bagi Saya Pribadi Menulis Adalah Terapi Jiwa

Selain dari hobi musiman seperti koleksi perangko, coin, uang lawas dan koleksi pisau, satu satunya hobi yang saya tekuni adalah menulis .Kalau hobi musiman, boleh saja kapan kapan sempat. 

Tapi kalau menulis karena tidak hanya sebatas hobi melainkan sudah menjadi kebutuhan bagi jiwa saya, maka saya tekuni apapun kesulitan yang dialami. 

Gagal Terus Mau Menulis Dengan Ponsel

Kalau dulu masih lumayan. Dalam kondisi mendesak sambil duduk di kereta api yang melaju kencang atau sedang berada dibis wisata dalam perjalanan jauh saya masih bisa menggunakan Ponsel. Dari mulai mengetik naskah hingga di posting.

Tapi belakangan ini sejak Ponsel saya  dirampas orang sewaktu di Jakarta, maka sejak mengganti Ponsel, saya tidak bisa lagi masuk melalui ponsel. Entah sudah berapa puluh kali saya coba tetap gagal.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline