Lihat ke Halaman Asli

TJIPTADINATA EFFENDI

TERVERIFIKASI

Kompasianer of the Year 2014

Hidup Kita Lebih Bernilai dibandingkan Bunga Semusim

Diperbarui: 4 Mei 2020   04:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokumentasi tjiptadinata effendi

Pelajaran Hidup Dari Bunga Liar

Bunga ini  tumbuh secara liar di pinggiran kota di kaki sebuah perbukitan ,sehingga dinamakan Wild Flower atau bunga liar Tak ada nilainya dari sudut pandang ekonomi,tapi bunga ini sudah memberikan keindahannya kepada manusia selama semusim.

Kalau kita mau merefleksi hal ini kedalam diri,maka kita akan temui sebuah pelajaran hidup yang tak ternilai. Tapi sayang sekali,biasanya orang hanya ingin mereguk kenikmatan melalui pandangan mata dan kemudian hanya tersisa kenangan indah,tanpa mampu menggugah hati.Bahwa seharusnya begitulah hidup itu,yakni memberikan manfaat kepada orang lain.

Izinkanlah saya mengutip sebuah kalimat yang memiliki arti yang mendalam ,tentang makna dari sebuah kehidupan :"The beauty of life ,not depend on how happy my life,but how happy the others because of me".

Keindahan hidup tidak tergantung pada seberapa besarnya kebahagiaan yang dapat direguk dalam hidup saya,tapi seberapa banyak orang yang ikut merasakan kebahagiaan karena keberadaan saya "

dokumentasi pribadi

Belajar dari Sekuntum Bunga Liar Didinding Rumah

Sudah seminggu ini,setiap kali membuka pintu rumah,pandangan mata saya tertuju pada sekuntum bunga liar yang tumbuh di sela dinding. Padahal dinding tidak ada yang retak. Dan tidak mungkin saya yang menanamnya ,karena sungguh tak tampak ada cela disana dimana tanaman bisa tumbuh.

Tapi uniknya bunga ini bukan hanya tumbuh,malahan menampilkan bunga yang indah. Mungkin kuntum bunga ini,hanya akan mampu bertahan dalam dua tiga hari lagi,karena ketiadaan tanah dan air disana,tapi setidaknya sudah dua hari ini,memberikan hiburan dan secercah kegembiraaan bagi saya dan istri. 

Terlintas pertanyaan dalam hati ,apakah dalam usia yang sesaat lagi akan menjadi 77 tahun,hidup saya sudah memberikan  secercah kebahagiaan kepada orang lain? 

Sesungguhnya ada begitu banyak contoh contoh nyata disekeliling kita,yang dapat dipetik hikmahnya,bahwa sebuah kehidupan ,baru ada artinya,bila memberikan manfaat bagi orang lain. Tanpa ini,maka sehebat apapun atau sekaya apapun kita,tak ada artinya sama sekali

Berbagi Tidak Semata Dengan Materi

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline