Lihat ke Halaman Asli

TJIPTADINATA EFFENDI

TERVERIFIKASI

Kompasianer of the Year 2014

WHO Keluarkan Info Terkini tentang Virus Corona

Diperbarui: 31 Januari 2020   17:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

ilustrasi : world health organization

Penting Kerja Sama Internasional Untuk Menyelamatkan Masyarakat Dunia

Pertemuan kedua Komite Darurat yang diadakan oleh Direktur Jenderal WHO  tentang wabah virus coronavirus baru 2019 di Republik Rakyat Cina, berlangsung pada hari Kamis, 30 Januari 2020, mulai pukul 13:30 hingga 18:35 waktu Jenewa (CEST). Peran Komite adalah memberikan nasihat kepada Direktur Jenderal, yang membuat keputusan akhir tentang penentuan Darurat Kesehatan Masyarakat dari Kepedulian Internasional (PHEIC)

Perwakilan dari Kementerian Kesehatan Republik Rakyat Cina melaporkan situasi saat ini ,terdapat  7711 kasus yang dikonfirmasi dan 1.2167 kasus yang dicurigai di seluruh negeri. 

Dari kasus yang dikonfirmasi, rinciannya adalah sebagai berikut :

  1. 1370 adalah parah 
  2. 170 orang memiliki meninggal
  3.  124 orang telah pulih dan dipulangkan dari rumah sakit.

Sekarang ada 83 kasus di 18 negara. Dari jumlah tersebut, hanya 7 yang tidak memiliki riwayat perjalanan di Tiongkok. Ada penularan dari manusia ke manusia di 3 negara di luar China. .

Kesimpulan dan Saran
Komite sangat menghargai tindakan dari  pemerintah Cina dan komitmen mereka terhadap transparansi, serta  upaya yang dilakukan untuk  mengendalikan wabah saat ini. Tiongkok dengan cepat mengidentifikasi virus dan berbagi urutannya, sehingga negara-negara lain dapat mendiagnosis dengan cepat dan melindungi diri mereka sendiri.

Langkah-langkah yang sangat mantap, telah dilakukan negara Cina ,secara maksimal, termasuk melakukan koordinasi setiap hari dengan WHO dan pendekatan multi-sektoral yang komprehensif ,demi  untuk mencegah penyebaran.

Lebih lanjut, Pemerintah Cina juga telah mengambil  berbagai tindakan darurat kesehatan masyarakat di kota-kota dan provinsi-provinsi lain,dengan cara membangun sarana dan prasarana untuk menampung warga yang terserang virus. Serta  sepakat untuk bekerja dengan negara-negara lain yang membutuhkan dukungan mereka. Langkah-langkah yang diambil Cina ini,menurut penilaian WHO.  tidak hanya baik untuk negara Cina sendiri  tetapi juga baik untuk seluruh dunia.

Komite menekankan bahwa deklarasi PHEIC harus dilihat dalam semangat dukungan dan penghargaan untuk China dan rakyatnya. Ttindakan yang diambil Pemerintah Cina ,dalam menangani masalah ini ,telah dibuka secara  transparans.

Dengan demikian, diharapkan, sejalan dengan solidaritas global, Komite merasa bahwa upaya terkoordinasi global diperlukan untuk meningkatkan kesiapan dalam upaya menyelamatkan masyarakat dunia dari virus yang mematikan ini.

sumber

Tjiptadinata Effendi 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline