Lihat ke Halaman Asli

TJIPTADINATA EFFENDI

TERVERIFIKASI

Kompasianer of the Year 2014

Setiap 40 Detik, Satu Orang Bunuh Diri

Diperbarui: 25 September 2019   06:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pernah Merasakan Keinginan Untuk Bunuh Diri?

Dalam perjalanan hidup kita semua pasti sudah pernah mendengarkan tentang kisah kisah bunuh diri,yang membuat kita merinding.Ada yang menghabisi hidupnya dengan menggantung diri di pohon rambutan,ada yang lebih sadis lagi dengan cara melakukan harakiri gaya Jepang..

Uniknya, sebelum memutuskan untuk berangkat ke alam lain dengan cara mengerikan,mereka meninggalkan pesan. Antara lain, karena sakit sakitan terus,sehingga merasa menjadi beban bagi keluarga, sehingga mengambil jalan pintas untuk membebaskan keluarga dari dirinya. Yang lain,karena merasa telah mempermalukan keluarga, karena kedapatan mencuri jemuran tetangga.

Ada juga yang dapat diselamatkan, setelah mengiris tangan dengan silet, tapi kemudian menjerit kesakitan .Dilarikan kerumah sakit dan dapat diselamatkan. 

Lainnya,minum racun tikus, lantaran putranya mencuri perhiasan dari lemari dan menjualnya untuk dihabisi di meja judi.Bahkan bisa jadi yang bunuh diri,masih ada hubungan kekeluargaan dengan kita. 

Suatu hari bertemu salah  seorang putri sahabat kami, Nadya menarik pakaian yang menutupi seluruh lengannya dan ternyata, penuh bekas luka sayatan, karena telah melakukan "self harmful".

Alasannya adalah karena setiap hari pulang kerumah, merasa dirinya masuk kedalam neraka.karena kedua orang tuanya berantem melulu. Sesungguhnya, saya sangat tidak suka kepo mengurusi keluarga  orang lain, tapi karena menyaksikan hal yang menyangkut hidup putri sahabat kami, maka saya datangi kedua orang tua Nadya dan menceritakan apa yang saya dengar dari Nadya. 

Syukurlah keduanya dapat disadarkan, bahwa perilaku mereka mempertaruhkan nyawa putri tunggal mereka. Nadya selamat dan kini sudah berkeluarga da tinggal di Kanada. Kami sempat bertemu Nadya ,sewaktu berkunjung ke Toronto beberapa tahun lalu

Orang Yang Mau Bunuh Diri Tidak Akan Berteriak Minta Tolong

Orang yang bunuh diri ,tidak akan berteriak "Tolong ,saya mau bunuh diri" tapi sesungguhnya mereka sangat mendambakan, ada seseorang yang dapat menyelamatkan mereka dan niat buruknya.

Tapi karena setiap orang sibuk urus diri masing masing, maka tidak seorangpun yang punya waktu untuk menolong dirinya,maka akhirnya niat menyedihkan tersebut dijalankan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline