Lihat ke Halaman Asli

TJIPTADINATA EFFENDI

TERVERIFIKASI

Kompasianer of the Year 2014

Keberuntungan Tidak Terlepas dari Usaha dan Kerja Keras

Diperbarui: 29 Juli 2018   17:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.


dok.tjiptadinata effendi

Selama saya dan istri berlibur di Italia, banyak ucapan selamat dari kerabat, sanak famili, dan teman teman di Indonesia. Bukan hanya selamat ulang tahun untuk istri saya yang barusan merayakan ultah ke-75, tapi ucapan selamat, karena dalam usia 75 tahun, kami beruntung, masih diberikan kesempatan untuk meikmati hidup, sambil travelling di Italia. Walaupun, sesungguhnya, ada banyak orang lain, yang juga mendapatkan kesempatan berlibur di berbagai negara. 

Di antara, beragam ucapan selamat yang kami terima, salah satunya: "Iri, mendengarkan Opa dan Oma, di usia 75 tahun, masih keliling Eropa. Kami, jangankan keliling Eropa, keliling Pulau Jawa saja belum."

Tentu saja, mendapatkan sapaan dan sekaligus ungkapan rasa kagum, bahwa  kami beruntung, karena tidak banyak orang yang seusia kami mendapatkan kesempatan dan peluang yang sama. Ada yang  masih sehat lahir batin, tapi kondisi ekonomi tidak mendukung, untuk melakukan perjalanan jauh. Ada yang ekonomi melimpah, tapi kesehatan tidak mendukung. Selanjutnya ada juga yang dari segi ekonomi mantap dan kesehatan prima, namun pasangannya dalam kondisi tidak siap untuk diajak ke luar negeri.

venezia-4-5b5d95cdab12ae3e994af002.jpg

dok.tjiptadinata effendi

Faktor Keberuntungan

Sesungguhnya, faktor keberuntungan, tidak terlepas dari usaha dan kerja keras kami selama puluhan tahun. Kerja keras dalam upaya membiayai hidup, memberikan pendidikan terbaik anak-anak dan menabung untuk hari tua kami.

Dan tak  kalah pentingnya adalah menjaga kesehatan sejak sedini mungkin. Karena, walaupun didukung oleh kondisi ekonomi, tapi dokter tidak mungkin mendampingi kami 24 jam sehari dan berada bersama-sama kami.

Karena itu, agar faktor keberuntungan berpihak kepada kita, perlu dipahami bahwa kita tidak hanya menabung dalam bentuk uang, tapi juga menabung kesehatan diri.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline