Lihat ke Halaman Asli

TJIPTADINATA EFFENDI

TERVERIFIKASI

Kompasianer of the Year 2014

Kesabaran Tidak Akan Mengurangi Harga Diri Kita

Diperbarui: 26 Maret 2018   20:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://depositphotos.com

Sabar itu Bukan Berarti Penakut

Kesabaran merupakan latih diri yang paling ampuh,dalam membentuk kepribadian kita. Coba bayangkan bilamana menjalani hidup hanya mengikuti kata hati saja,maka setiap hari akan penuh dengan pertengkaran ,bahkan perkelahian. Sejak bangun pagi .kesabaran kita mungkin sudah diuji.

Ujiannya,bisa saja datang dari anggota keluarga kita. Anak yang menangis tidak mau kesekolah ,istri sibuk mengurus anak,sehingga tidak sempat menyediakan kopi dan sarapan . Atau bisa juga datang dari tetangga,yang kurang tahu tenggang rasa. Pagi pagi buta ,sudah menyalakan gas sepeda motornya sekeras kerasnya. Atau membuka volume bas dari musiknya secara maksimal.

Karena itu,seandainya kita tidak memiliki kesabaraan,maka pasti sudah ribut dengan tetangga,ribut dengan istri atau sibuk membentak bentak anak. Coba bayangkan,kehidupan seperti apa yang akan dijalani,tanpa memiliki kesabaran.

Bersikap Dewasa Menghadapi Berbagai Masalah

Belum lagi diperjalanan,ketika ada yang menyeberang di zebra cross,maka secara otomatis kaki menginjak rem dan membiarkan para pejalan kaki, selamat hingga keseberang jalan.Namun,begitu kita berhenti,dibelakang klakson berbunyi bertubi tubi,untuk memaksa kita bergerak. Kalau mengikuti kata hati,maka pasti kita akan turun dari kendaraan dan mendatangi si pengemudi iseng.  Kalau hal ini dilakukan,maka hasilnya.kalau bukan brantem,apa lagi? 

Setibanya dikantor, baru saja duduk,tiba tiba  ada telpon masuk dan berbicara dengan nada memerintah.  Kembali kesabaran kita diuji. Terus berapa kali sehari kita harus bersabar? Jawabannya,kalau mau menikmati hidup dengan aman dan nyaman,maka jangan menentukan target,berapa kali kita harus bersabar menghadapi berbagai masalah hidup.Mulai dari hal hal sepele ,hingga masalah yang cukup serius.

Karena itu, perlu kematangan sikap dalam berinteraksi dengan beragam masyarakat,yang terdiri dari latar belakang pendidikan dan budaya yang berbeda. Karena sabar,bukanberarti karena kita takut,

Kesabaran Adalah Jalan Untuk Mencegah Permusuhan

Hidup tanpa musuh,sungguh merupakan kebahagiaan tersendiri. Dan hal ini,hanya dapat dicapai,bilamana kita memiliki kematangan dalam menyikap segala sesuatu. Memahami,bahwa kemarahan,tidak akan menyelesaikan masalah,malahan justru  berpotensi,menyebabkan masalah sepele,menjadi besar. 

Sabar membuat kita hidup nyaman dan akan berdampak positif terhadap lingkungan dimana kita hidup.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline