Lihat ke Halaman Asli

TJIPTADINATA EFFENDI

TERVERIFIKASI

Kompasianer of the Year 2014

Menyaksikan Blue Moon Secara Langsung di Burns Beach

Diperbarui: 31 Januari 2018   21:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokumentasi pribadi

Sebuah keberuntungan Berksempatan Menyaksikan Peristiwa Langkah

Sejak Jam 7.00 malam tadi, kami sudah berada di lapangan terbuka disamping kediaman kami. Ada puluhan tetangga yang duduk dengan membawa kursi lipat masing masing.

Memanfaatkan kesempatan, sambil menunggu Gerhana Bulan total pada jam 7.48, kami saling memperkenalkan diri,karena selama ini masing masing sibuk, sehingga hanya sempat melambaikan tangan dan mengucapkan selamat pagi.

Maksud hari sesungguhnya,mau memotret mereka yang lagi duduk di udara terbuka,tapi rasanya risih juga,karena tidak seorangpun melakukannya. Pada jam 7,49 gerhana bulan tampak dengan sangat jelas.

Sepintas seakan ada kembarannya,mungkin karena pantulan sinarnya. Maka pembicaraan kami terhenti dan masing sibuk menjepret sana sini. Ada yang hanya memanfaatkan Ponsel dan camera saku,seperti juga saya sendiri,tapi ada dua atau tiga orang yang membawa camera dengan kelengkapannya.

dokumentasi pribadi

Hasil Foto Jauh Dari Memuaskan

Walaupun hasil foto jauh dari memuaskan,namun setidaknya,kami beruntung dapat menyaksikan secara langsung dengan mata telanjang sebuah peristiwa yang hanya terjadi sekali dalam 150 tahun.

Sejujurnya,saya tidak mengerti dengan ilmu yang menyangkut tentang gerhana bulan ini,namun sebuah peristiwa langkah semacam ini,tentu sayang sekali kalau dibiarkan berlalu begitu saja.

Foto : www.watoday.com.au

Warnanya yang awalnya bersih, secara perlahan berubah menjadi kemerah merahan dan terahir sudah semakin mengecil dan menjauh, sehingga menjadi samar samar. Sementaara itu udara semakin terasa mengigit, apalagi kami tidak mengenakan jaket. Setidaknya, momentum bersejarah bagi umat manusia ini,dapat kami saksikan langsung dan diabadikan dalam Ponsel dan camera saku.

Saya tidak tahu,apakah di Indonesia,dapat disaksikan dengan jelas, karena menurut berita dari berbagai media, salah satunya Wa-today, Australia barat adalah lokasi terbaik di dunia,dimana Blue Moon dapat dipantau dengan sangat jelas, sejak mulai muncul, hingga menjelang tengah malam.

Tjiptadinata Effendi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline