Lihat ke Halaman Asli

TJIPTADINATA EFFENDI

TERVERIFIKASI

Kompasianer of the Year 2014

Waspadai Musuh yang Dapat Bermetamorfosa Menjadi Apa Saja

Diperbarui: 15 Januari 2018   13:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

www.melogia.com

Dan Musuh Itu Ada Didalam Diri Kita

Lingkungan yang tidak sehat dan bergaul dengan orang orang yang berpikiran negatif, penuh kebencian dan iri hati,pasti bukan pilihan yang baik. Karena ibarat sebuah apel yang berada ditumpukan sekeranjang apel yang membusuk, pasti akan ikut membusuk.

Mewaspadai diri dan seluruh anggota keluarga kita, agar jangan sampai terjerumus pada pergaulan dengan orang orang yang hidup dalam kawah iri hati dan kebencian,tentu saja mutlak menjadi tanggung jawab pribadi kita. 

Akan tetapi jangan lupa, bahwa yang berpotensi menghancurkan hidup kita dan hidup keluarga kita,justru ada didalam diri kita sendiri, yakni : "egoisme"Egoisme merupakan musuh yang dapat bermetamoforsa menjadi apa saja. Ia dapat beradaptsi dalam segala ujud,sehingga sulit dideteksi. Dapat tampil dan mengedepan serta berubah ujud menjadi :harga diri. Tidak jarang dibalut oleh bela agama, bela etinis, bela komunitas dan seterusnya.

Egoisme ini, begitu piawainya, sehingga mampu memperalat diri kita, untuk berperang melawan siapa saja,termasuk keluarga sahabat dan bangsa sendiri, demi untuk memenangkannya

Cegah Diri Menghamba Pada Egoisme

Tidak sedikit orang yang menjadi korban Egoisme dan menjadi hambanya. Korbannya bukan hanya dari kalangan masyarakat dengan pendidikan minimal, malahan justru sebaliknya orang orang yang berlatar belakang intelektual yang tinggi, titel yang berlapis lapis .Termasuk orang orang yang menamakan dirinya tokoh masyarakat.

Kondisi berada dibawah kekuasaan egoisme ini, menyebabkan orang tidak malu malu melakukan apa saja,dengan mengatas namakan bela kehormatan diri dan agama.

Karena kebiasaan wasapada terhadap serangan faktor eksternal yang sudah mendarah daging,mengakibatkan orang sering lupa, bahwa dalam diri sendiri bersemayam musuh yang berpotensi menciptakan bahaya laten.

Bahkan secara tanpa sadar, orang telah memanjakan dan membesarkan musuh yang bukan hanya berpotensi membahayakan kehidupan pribadinya, melainkan juga dapat merembet kepada seluruh anggota keluarga.

Egoisme Menjadikan Orang Budak Atas Dirinya Sendiri

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline