Lihat ke Halaman Asli

TJIPTADINATA EFFENDI

TERVERIFIKASI

Kompasianer of the Year 2014

Menghargai Jasa Para Pahlawan Lewat Kunjungan

Diperbarui: 10 November 2017   17:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokumentasi pribadi

Catatan: seluruh gambar adalah dokumentasi pribadi


Dengan Mengujungi Tempat Tempat Bersejarah

Ada pribahasa dalam bahasa Inggeris ,yang mengatakan :" A picture can tell morethan thousand words can do " .Sebuah gambar dapat bercerita jauh lebih banyak ,dibandingkan apa yang dapat diceritakan melalui kata kata.
Karena itu,saya mencoba menghimpun, seluruh gambar gambar tempat bersejarah ,yang pernah dikunjungi,sebagai rasa hormat saya terhadap jasa para pahlawan kita yang telah membasuh kemerdekaan dengan darah mereka.
Karena dilahirkan dan dibesarkan di kota Padang,sejak dari zaman Dai Nippon,maka tentu saya akan mulai menampilkan gambar gambar dari tempat bersejarah,yang ada hubungannya dengan kemerdekaan negeri tercinta ini.

dokumentasi pribadi

Tugu Pahlawan Tak Dikenal

Membaca prasasti yang tampak menua dimakan jaman, namun kalimat yang terpahat dissana masih dapat terbaca deengan jelas:

  • 5 Maret 1950
  • Perjuangan Padang dan sekitarnya
  • Achirnya Pinang pulang ketampuknya
  • Dirajakan dengan perasaan gembira
  • Akan djadi peringatan bangsa Negara Republik Indonesia ,idaman sutji
  • Genggam teguh tetap abadi

dokumentasi pribadi

Lobang Japang (Lubang Jepang)

Setiap kali mendengarkan kata :" Lubang Jepang",hampir dipastikan akan membawa alam pikiran kita terhadap sesuatu yang mengerikan.Karena kisah kisah horror ,tentang kekejaman tentara Jepang dalam memperlakukan para romusha atau pekerja rodi,untuk membangun bunker bunker guna keperluan pertahanan tentara dai Nippon ini.Yang kendati terjadi sudah sejak lebih dari setengah abad lalu, namun bayangan ngeri tentang tragedi kemanusiaan, tetap saja masih terasa perih dihati.

dokumentasi pribadi

Menurut sejarahnya dibangun pada tahun 1942 Disamping itu Lubang Jepang dibangun sebagai tempat penyimpanan perbekalan dan peralatan perang tentara Jepang, dengan panjang terowongan yang mencapai 1400 m .

dokumentasi pribadi

Berkunjung dilorong sempit dan gelap ini,tentu bukan untuk mendapatkan rasa horor yang mendebarkan,serta membuat bulu kuduk berdiri. Lebih daripada itu,adalah  mengingatkan kita ,bahwa kemerdekaan yang kita nikmati saat ini,sama sekali bukan hadiah dari penjajah,melainkan hasil  pengorbanan para pendahulu kita. Mereka mati, agar kita bisa merasakan hidup dalam alam kemerdekaan.

dokumentasi pribadi

Jembatan Ratapan Ibu

Generasi muda Indonesia perlu tahu,bahwa  walaupun kemerdekaan Indonesia sudah diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus,tahun 1945 oleh Sukarno -Hatta,bukan berarti perjuangan sudah selesai..Salah satu buktinya adalah saksi bisu ,nisan masal di kota kecil Payakumbuh,seperti yang dapat dibaca pada gambar terposting

  • Disini pada tahun 1949 -
  • gugur para pemuda pejuang
  • demi pembebasan negeri ini.-
  • merdeka dari belenggu penjajah-
  • ratapan ibu mengiringi kepergiannya
  • 1945 Indonesia Merdeka, Tapi 1949  Pemuda Payakumbuh Masih Tumpahkan Darah
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline