Lihat ke Halaman Asli

TJIPTADINATA EFFENDI

TERVERIFIKASI

Kompasianer of the Year 2014

Di Australia, Kita Bisa Didenda karena "Permak" Odometer

Diperbarui: 1 Agustus 2017   19:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto: www.watoday.com.au

Mengubah Odometer, Seorang Dealer Mobil di Perth Didenda 30 Ribu Dolar


Mungkin merasa buntu menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat, salah seorang pegawai Dealer kendaraan bukannya mencari jalan yang benar, malah melakukan trik murahan, yakni dengan mengubah angka pada Odometer sehingga seakan-akan kendaraan tersebut jarang digunakan.

Bagi yang sudah pernah memiliki kendaraan pasti mengetahui bahwa Odometer adalah sebuah alat sebagai penunjuk berapa jauh jarak yang sudah ditempuh oleh sebuah kendaraaan. Walaupun sama tahun pembuatannya, tapi angka di Odometer bisa saja menunjukkan angka yang sangat berbeda. Misalnya kendaraan yang sering digunakan untuk menempuh perjalanan jauh tentu sangat berbeda dengan yang hanya digunakan bagi keperluan kantor, yakni dari rumah ke kantor pulang pergi. Akan tetapi dalam akal bulus, orang dapat mengubah angka di Odometer agar tampak "usia" kendaraan jauh lebih muda daripada usia sebenarnya.

Tapi Ibarat Membungkus Bangkai Baunya Pasti Ketahuan
Begitu juga Dealer berakal bulus ini akhirnya dinyatakan bersalah dan didenda $.30.000. Untuk jelasnya saya kutip satu alinea saja agar tidak melanggar aturan yang ditetapkan:

"A Perth car dealer has been fined $30,000 for selling vehicles with their odometers wound back.Mazin Alkiaat, who runs the WA Auto and Parts business in Maddington, pleaded guilty in the Perth Magistrates Court on July 28 for winding back the clock on four cars he had originally bought at an auction, before selling them onto another dealer".

Ada 4 Jenis Kendaraan yang Sudah Di-"permak". 

2006 Mitsubishi Triton ,aslinya 307,235km, dijual dengan Odometer 160,211 Km
2006 Nissan Navara,aslinya 203,145km dijual dengan Odometer 145,604 Km
2006 Toyota Camry ,aslinya 166,233km,dijual dengan Odometer 131,277 Km
2007 Nissan Navara ,aslinya 217,375km,dijual dengan Odometer 167,506 Km
Semua Kendaran Tersebut Dibelinya Pada Sebuah Lelang.

Sekilas Mengenai Lelang Kendaraan (Auction)
Untuk pertama kalinya saya mengikuti lelang mobil di Sydney- Australia.Pagi sekali saya dan istri ,didampingi putri kami Irvianty ,sudah berangkat menuju ke Sydney dengan Kereta Api .Tujuan adalah membeli mobil lelang dari pemerintah. Dengan pertimbangan,harganya jauh lebih murah,dibandingkan dengan membeli di show room.Menurut putri kami,selisih harga ,rata rata bisa antara 3 sampai 5 ribu dollar.


Tiba dilokasi ,jam menunjukkan pukul 9.05 pagi . Berarti kami hanya memiliki kesempatan untuk daftar dan melihat kondisi mobil,yang di ancar ancar akan dibeli. Ternyata administrasi tidak lebih dari 5 menit. Mengisi buku tamu,foto copy Driver Licence dan membayar uang pendaftaran sebesar 350 dolllar. Menerima tanda terima dan kami sudah boleh memeriksa mobil yang direncanakan akan dibeli.

Ada 4 buah mobil yang masih mulus luar dalam dan mesin dalam keadaan bersih. Setiap calon pembeli boleh duduk dan menghidupkan mesin,untuk memeriksa kira kira kondisi mobil. 

Kami mencatat nomer mobil,yang nanti akan kami tawar dalam lelang terbuka,yang akan dimulai jam 10.00 pagi. Lalu mengambil tempat duduk agak didepan,supaya bisa lebih leluasa melihat mobil yang ditampilkan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline