Lihat ke Halaman Asli

TJIPTADINATA EFFENDI

TERVERIFIKASI

Kompasianer of the Year 2014

Spesies yang Merencanakan Memusnahkan Spesiesnya Sendiri adalah Manusia?

Diperbarui: 28 Mei 2017   23:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Spesies Yang Merencanakan Memusnahkan Spesiesnya Sendiri Adalah Manusia?

Ada banyak binatang buas, yang kita kenal.Baik kenal namanya saja,maupun sudah menyaksikan keganasannya lewat layar kaca dan mungkin juga ada yang menyaksikan secara langsung. Sebut saja ,semisalnya : Harimau. Singa, Hyena, Serigala. Ular dan sebagainya.Masih ada lagi binatang yang gigitannya berbisa, seperti ular, kalajengking, kelabang, laba laba .

Ada juga yang kanibal,yakni yang memangsa sesamanya,misalnya Komodo, srigala . Tidak jarang mereka tidak hanya saling baku bunuh dengan lawan lawannya,baik karena berebutan makanan,maupun karena merasa dirinya terancam atau anak anak nya diganggu.Bahkan mereka bertarung,bukan hanya dengan hewan berlainan jenis,tapi juga tidak jarang dengan sama sama dalam satu kelompok. Tapi belum pernah terdengar atau beluim pernah ada sejarahnya,, salah satu dari hewan buas ,maupun yang berbisa ini,secara berkelompok,berusaha memusnahkan kaumnya sendiri.

Satu Satunya Yang Merencanakan Untuk Memusnahkan Sesama Manusia adalah Manusia  itu Sendiri.Jangan buru buru marah dan tersinggung,Cobalah searching di google,ada berapa juta orang dihabisi nyawanya oleh Nazi? Ada berapa juta orang dibantai oleh Regim Pol Pot di Killing Fields? Berapa juta orang tewas dalam peperangan antar  Inggeris dan Irlandia? Berapa juta orang yang tidak berdosa tewas dibantai dalam perang di Suriah dan Irak? Masih perlu contoh lainnya?  Alasannya adalah mempertahankan apa yang dianggap oleh masing masing sebagai :"kebenaran"Saya tidak tegaan menyebutkan tentang kematian yang terjadi di tanah air kita,lantaran perbedaan ideologi.

Padahal manusia ,konon adalah makluk ciptaan Tuhan yang paling mulia dari antara semua ciptaan. Manusia memiliki akal dan budi ,memiliki rasa kemanusiaan yang tinggi,tapi mengapa dengan sengaja merencanakan ,hendak menghabisi spesies nya sendiri? Saya sudah mencoba mencari jawabannya ,namun hingga di usia memasukki tiga perempat abad,sejujurnya,saya belum menemukan jawabannya.

Masihkan pantas manusia disebutkan sebagai makluk paling mulia dan berakhlak di seantaro jagat raya ini? Juga saya tidak menemukan jawabannya. Oleh karena itu ,pada judulnya,saya tutup dengan tanda tanya(?) Saya merasa terdorong untuk menuliskan tulisan ini,karena mendapatkan kabar duka,bahwa baru baru ini,dua kali bom diledakkan di Kampung Melayu,dengan tujuan membunuh,apapun alasannya.Tentu saja tulisan ini bukan untuk menistakan ataupun melecehkan makluk yang namanya manusia itu,karena saya sendiri adalah salah satu dari spesies yang bernama manusia itu,Saya hanya ingin menemukan jawabannya,mengapa manusia secara sadar,mau dan tahu,serta merencanakan membunuh seaamanya? 

Tjiptadinata Effendi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline